Mengandung Senyawa Kurkumin Untuk Pengobatan Alami, Ini 10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh
Kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, senyawa kurkumin yang ada di dalamnya dapat dijadikan sebagai obat alami (Adobe Stock)
17:43
19 April 2024

Mengandung Senyawa Kurkumin Untuk Pengobatan Alami, Ini 10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

 

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kunyit merupakan tumbuhan rempah-rempah yang memiliki manfaat besar bagi tubuh dan otak manusia.

Selain menjadi rempah-rempah untuk bumbu masakan, kunyit juga menjadi salah satu suplemen nutrisi paling efektif.

Salah satunya di India, negara tersebut telah memanfaatkan kunyit sebagai bumbu dan ramuan obat selama ribuan tahun.

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat untuk obat, yakni Kurkumin

Untuk diketahui, kurkumin merupakan bahwa aktif utama yang ada di dalam kunyit.

Untuk lebih lengkapnya, berikut sepuluh manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh, termasuk manfaat senyawa kurkumin di dalamnya menurut Healthline yang dilansir oleh JawaPos.com (19/4).

  1. Kunyit mengandung senyawa bioaktif dengan khasiat obat

Memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat. Konon, kandungan kurkumin pada kunyit hanya ada sekitar saja 1-6% berat. Sehingga masyarakat lebih banyak menggunakan suplemen untuk mencapai kadar maksimal.

  1. Kurkumin merupakan senyawa anti inflasi

Kurkumin adalah zat bioaktif yang dapat membantu melawan peradangan dosis yang sangat tinggi diperlukan untuk menghasilkan hasil pengobatan. Meski begitu, hal ini berarti mereka mempunyai potensi untuk melawan peradangan.

  1. Kunyit dapat meningkatkan kapasitas antioksidan dalam tubuh

Kurkumin adalah antioksidan kuat yang bisa menetralisir radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, studi hewan dan seluler menunjukkan bahwa kurkumin dapat memblokir aksi radikal bebas dan dapat merangsang aksi antioksidan lainnya.

  1. Kurkumin dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak

Baik hewan maupun manusia penelitian telah menemukan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar Brain-derived neurotrophic factor (BDNF) otak. Dengan melakukan hal ini, hal ini mungkin efektif dalam menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia.

  1. Kurkumin dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah nomor satu penyebab kematian di dunia. Riset menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu melindungi terhadap banyak langkah dalam proses penyakit jantung.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa kurkumin dapat menyebabkan perbaikan kesehatan jantung. Selain itu, kurkumin dapat membantu mengurangi peradangan dan oksidasi yang dapat berperan dalam penyakit jantung.

  1. Kunyit dapat membantu mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat, berkontribusi terhadap kematian sel kanker, mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor) dan mengurangi metastasis (penyebaran kanker).

  1. Kurkumin mungkin bermanfaat dalam mengobati penyakit Alzheimer

Diketahui bahwa peradangan dan kerusakan oksidatif berperan dalam penyakit Alzheimer, dan kurkumin terbukti memiliki efek positif pada penyakit Alzheimer. efek menguntungkan pada keduanya.

Selain itu, saran penelitian bahwa kurkumin dapat membantu membersihkan penumpukan protein kusut yang disebut plak amiloid yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

  1. Pasien arthritis merespon dengan baik terhadap suplemen kurkumin

Di sebuah belajar pada penderita osteoartritis, kurkumin tampaknya lebih efektif dalam menghilangkan rasa sakit dibandingkan plasebo, dan riset juga menemukan efeknya serupa dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Dalam penelitian lain tentang rheumatoid arthritis, kurkumin tampaknya membantu mengurangi peradangan terkait penyakit.

  1. Kurkumin mempunyai manfaat melawan depresi

Kurkumin telah menunjukkan harapan dalam mengobati gangguan mood. Efek positifnya pada otak termasuk meningkatkan neurotransmitter serotonin dan dopamin otak, mengurangi peradangan, dan mendorong plastisitas otak. Ini menunjukkan ramuan itu Mungkin antidepresan yang efektif.

  1. Kurkumin dapat membantu menunda penuaan dan melawan penyakit kronis yang berkaitan dengan usia

Jika kurkumin benar-benar dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer, kurkumin mungkin juga memiliki manfaat untuk umur panjang .

Hal ini menunjukkan bahwa kurkumin mungkin mempunyai potensi sebagai suplemen anti penuaan.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengandung #senyawa #kurkumin #untuk #pengobatan #alami #manfaat #kunyit #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR