Kemenkes Sebut Kasus DBD Akan Terus Meningkat di Musim Pancaroba Mendatang, 3M Plus Jadi Saran Pencegahan
Nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang menularkan virus dengue. (Sumber: Shutterstock)
13:56
2 April 2024

Kemenkes Sebut Kasus DBD Akan Terus Meningkat di Musim Pancaroba Mendatang, 3M Plus Jadi Saran Pencegahan

Kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) hingga kini masih terus alami peningkatan. Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein, per Selasa 26 Maret 2024, kasus dengue di Indonesia dilaporkan mencapai 53.131 orang.

Sementara itu, untuk kasus kematian kasus kematian akibat dengue dilaporkan ada 404 orang. Hal ini menjadi satu hal yang patut diwaspadai. Apalagi, berdasarkan pantauan, kenaikan ini kemungkinan masih akan terjadi hingga pancaroba mendatang.

“Hasil pantauan kami terus meningkat. Tapi, belum sampai titik maksimal. Nampaknya, potensi kenaikan masih akan terjadi, mungkin sampai musim pancaroba mendatang,” kata Dirjen Maxi dikutip dari rilis Kemenkes yang diterima, Selasa (2/4/2024).

Gejala Demam Berdarah Dengue dan Cara Mengatasinya (Pexels.com)Gejala Demam Berdarah Dengue dan Cara Mengatasinya (Pexels.com)

Meski angka kasus DBD ini terus meningkat, angka keterisian tempat tidur alias Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit masih aman. Artinya, masih ada beberapa tempat tidur yang kosong serta ICU tersedia bagi para pasien DBD.

“Untuk kondisi sekarang BOR masih aman. Masih ada bed yang kosong, ruang ICU juga masih tersedia,” sambungya.

Sebab angka DBD yang terus meningkat ini, Dirjen Maxi berharap, masyarakat bisa terus melakukan upaya pencegahan. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan serta menerapkan 3M plus untuk mencegah nyamuk aedes aegypti berkembang biak.

“Mulai sekarang, cek kebersihan di rumah maupun lingkungan sekitar, jangan sampai ada barang-barang yang berpotensi menimbulkan genangan air, kalau dibiarkan nanti bisa jadi tempat berkembang biak nyamuk dengue, bila menemukan sebaiknya segera dikuras, dikeringkan, atau ditutup bahkan bila perlu didaur ulang” kata Dirjen Maxi.

Metode 3M plus

  1. Menguras tempat penampungan air
  2. Menutup tempat-tempat penampungan air
  3. Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

Sementara itu, untuk poin plusnya yakni berbagai hal di antaranya:

  • Menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk
  • Memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  • Menggunakan obat anti nyamuk
  • Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah
  • Melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama
  • Meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup
  • Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah untuk dikuras
  • Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar

Sejauh ini, kasus DBD terbanyak tercatat berada di Kota Bandung dengan 1.741 kasus. Kasus tertinggi lainnya juga disusul Kota Kendari dengan 1.195 kasus, Bandung Barat 1.143 kasus, Kota Bogor 939 kasus, dan Subang 909 kasus.

Sementara itu, untuk sebaran kematian akibat DBD di Jepara mencatat angka 17 kematian. Angka ini disusul Subang dengan 15 kematian, Kabupaten Bandung 14 kematian, Kendal 13 kematian, dan Bogor 12 kematian.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #kemenkes #sebut #kasus #akan #terus #meningkat #musim #pancaroba #mendatang #plus #jadi #saran #pencegahan

KOMENTAR