Stamina Terjaga! Ketahui Manfaat Mengonsumsi Oatmeal yang Cocok untuk Dimakan saat Sahur
Makanan sehat oatmeal. (Healthline)
15:11
29 Maret 2024

Stamina Terjaga! Ketahui Manfaat Mengonsumsi Oatmeal yang Cocok untuk Dimakan saat Sahur

- Pada bulan Ramadhan, menjaga stamina adalah kunci utama untuk menjalani ibadah puasa dengan lancar. Salah satu cara efektifnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur.

Salah satu pilihan yang semakin populer adalah oatmeal, yang tidak hanya lezat tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut penjelasannya:

Mengutip dari KlikDokter, Oat kaya akan serat terutama beta-glukan, juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Karena kemampuannya menurunkan gula darah dan kolesterol, oat menjadi makanan yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain menyehatkan, oatmeal sangat praktis dan cepat disiapkan. Dapat disajikan dengan berbagai kombinasi bahan, baik direbus dengan air atau susu, serta diberi tambahan topping seperti pisang dan kacang almond untuk menambah cita rasa.

Dilansir dari Healthline, nutrisi untuk 100 gram oat mentah mengandung kalori (389), air (8 persen), protein (16,9 gr), karbohidrat (66,3 gr), serat (10,6 gr), dan lemak (6,9 gr).

Selain itu, terkandung juga beberapa vitamin dan mineral di dalam oat. Contohnya yaitu mangan, fosfor, tembaga, vitamin B1, zat besi, selenium, magnesium, dan zinc.

Dokter Devia Irine Putri menyarankan bahwa untuk menjalani puasa dengan kuat, penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

“Salah satu (pilihan) adalah mengonsumsi oat. Alasan utamanya karena oat mengandung indeks glikemik yang rendah. Jadi, gula darah tetap stabil dan tidak akan membuat sugar crash atau peningkatan gula darah yang berujung membuat lemas,” ujar dr. Devia.

Oatmeal terkenal karena kandungan seratnya yang tinggi, membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Maka, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur.

Namun, disarankan untuk melengkapi oatmeal dengan berbagai bahan makanan lain yang mengandung vitamin dan mineral penting. Dr. Devia menyarankan untuk menambahkan telur, daging, dan sayuran ke oatmeal untuk mendapatkan nutrisi yang lebih seimbang.

Ingatlah untuk mengonsumsi banyak air mineral saat sahur dan berbuka, karena tingginya serat dalam oatmeal dapat menyerap mineral dalam tubuh. Selain itu, pastikan untuk istirahat yang cukup guna menjaga stamina tubuh selama berpuasa.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #stamina #terjaga #ketahui #manfaat #mengonsumsi #oatmeal #yang #cocok #untuk #dimakan #saat #sahur

KOMENTAR