Zeaxanthin, Suplemen Luar Biasa yang Dapat Mendukung Kesehatan Mata hingga Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak
Ilustrasi suplemen zeaxantin yang dapat mendukung kesehatan mata hingga meningkatkan fungsi kognitif otak. (freepik)
08:42
27 Maret 2024

Zeaxanthin, Suplemen Luar Biasa yang Dapat Mendukung Kesehatan Mata hingga Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

 - Zeaxanthin merupakan karotenoid yang ditemukan dalam makanan seperti buah dan sayuran, dan akhirnya terakumulasi di mata manusia setelah makanan-makanan tersebut dikonsumsi.

Zeaxanthin ditemukan dalam beberapa ganggang, bakteri, jamur, tanaman, buah-buahan, kuning telur, dan sayuran, dimana ini merupakan nutrisi penting yang harus Anda dapatkan dari asupan makanan Anda.

Karotenoid dalam zeaxanthin adalah molekul antioksidan yang larut dalam lemak, yang berwarna merah cerah, kuning, atau orange.

Karotenoid ini terutama terkonsentrasi di bagian-bagian tertentu dari mata, dimana zeaxanthin terutama terkonsentrasi di pusat retina, dan membentuk bagian dari pigmen makula mata.

Jadi, meskipun tidak disimpan secara langsung di mata, zeaxanthin memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata manusia ketika terakumulasi di dalamnya.

Pada manusia, fungsi yang paling banyak diteliti dari karotenoid, termasuk zeaxanthin, adalah peran mereka dalam kesehatan mata serta pengurangan risiko penyakit mata pada manusia.

Meskipun manfaat utama zeaxanthin terletak dalam peningkatan kesehatan mata manusia, zeaxanthin juga memiliki manfaat lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Healthline pada Selasa (26/3), terdapat beberapa manfaat zeaxanthin bagi kesehatan manusia, yang diantaranya sebagai berikut.

1. Melindungi mata dari kerusakan akibat paparan cahaya biru yang bersumber dari layar komputer, handphone, dan lainnya

Zeaxanthin memiliki peran penting dalam melindungi kesehatan mata. Sebagai senyawa antioksidan dan antiinflamasi, zeaxanthin membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh dan melindungi kesehatan mata.



Zeaxanthin membantu melindungi mata dari penyakit serius seperti degenerasi makula terkait usia (AMD), demensia, dan kanker. Selain itu, zeaxanthin juga berperan dalam menyerap cahaya biru, dimana cahaya biru sering ditemukan dalam layar komputer atau handphone saat menggunakannya.

Paparan gelombang cahaya biru telah terbukti meningkatkan produksi radikal bebas dan stres oksidatif dalam mata dan merupakan ancaman potensial bagi kesehatan mata.

Penelitian telah menunjukkan bahwa zeaxanthin mengurangi stres oksidatif dan kerusakan dalam mata dengan menyerap cahaya biru, yang pada gilirannya mengurangi peradangan dan risiko penyakit mata.

Dengan mengikat radikal bebas dan mengurangi peradangan, zeaxanthin membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko perkembangan penyakit mata yang terkait dengan penuaan.

2. Perlindungan sinar UV dan baik untuk kesehatan kulit

Zeaxanthin juga ditemukan dalam jumlah signifikan di kulit manusia yang menunjukkan bahwa senyawa ini juga memiliki peran penting dalam kesehatan kulit.

Seperti di mata, zeaxanthin di kulit juga berperan dalam menyerap gelombang sinar biru yang berbahaya dan mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Karena paparan sinar UV dari matahari adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit, memiliki senyawa seperti zeaxanthin dalam tubuh dapat memberikan perlindungan tambahan pada kesehatan kulit.

Studi menunjukkan bahwa perlindungan UV dari zeaxanthin dapat membantu mengurangi gejala penuaan kulit seperti kulit kering, keriput, kehilangan elastisitas, dan perubahan warna kulit.

Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan zeaxanthin dan antioksidan lainnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan penampilan kulit.

3. Meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif

Penelitian menunjukkan bahwa zeaxanthin, selain bermanfaat untuk kesehatan mata, juga memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Zeaxanthin ditemukan di beberapa bagian otak yang terkait dengan proses kognitif, seperti pengambilan keputusan dan koordinasi gerakan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #zeaxanthin #suplemen #luar #biasa #yang #dapat #mendukung #kesehatan #mata #hingga #meningkatkan #fungsi #kognitif #otak

KOMENTAR