Mama Wajib Baca, Simak 6 Cara Memilih Susu Formula Anti Alergi dan Aman untuk si Kecil, Nomor Terakhir Sering Diabaikan
Anak sedang minum susu formula (freepik)
11:59
24 Maret 2024

Mama Wajib Baca, Simak 6 Cara Memilih Susu Formula Anti Alergi dan Aman untuk si Kecil, Nomor Terakhir Sering Diabaikan

 

ASI atau Air Susu Ibu merupakan nutrisi terbaik untuk anak. ASI eksklusif diberikan kepada anak selama 6 bulan pertama namun ada beberapa yang tidak terlaksana sehingga sebagai alternative diberikan susu formula.

Memilih susu formula yang tepat sangat tidak mudah karena ada beberapa anak yang mengalami alergi susu sapi.

Alergi susu sapi jika dibiarkan jangka panjang tentu mengakibatkan gangguan pencernaan hingga kesehatan lainnya yang akhirnya tumbuh kembang anak tidak bisa maksimal.

Orang tua perlu mengetahui cara untuk memilih susu formula yang tepat, aman dan anti alergi.

Dilansir dari laman Nutriclub, Minggu (24/3), terdapat 6 cara untuk memilih susu formula untuk menghindari atau mencegah alergi diantaranya sebagai berikut.

1. Memilih susu yang terhidrolisa ekstensif

Pada umumnya susu formula terbuat dari bahan dasar susu sapi. Namun ada beberapa susu yang sudah terhidrolisa ekstensif artinya protein sudah dipecah menjadi komponen yang lebih kecil sehingga resiko alergi bisa dikurangi.

Selain itu, susu yang sudah terhidrolisa ini tidak mempunyai kandungan laktosa sehingga mudah dicerna.

2. Susu formula soya

Susu formula soya terbuat dari bahan dasar protein susu kedelai. Biasanya susu ini didalamnya sudah ada beberapa modifikasi dengan vitamin, mineral dan nutrisi lengkap lainnya untuk menunjang kebutuhan anak.

Meskipun di dalamnya tidak terdapat protein susu sapi, namun ini bisa menjadi solusi alternatif saat anak mempunyai alergi susu sapi.

3. Melihat kandungan susu formula yang berbasis asam amino

Susu yang berbasis asam amino ini artinya hasil penguraian paling sederhana dari protein.

Apabila beberapa anak masih menunjukkan gejala alergi terhadap susu yang sudah terhidrolisa dan susu soya maka susu basis asam amino bisa menjadi pilihan alternatif.

4. Tidak dianjurkan untuk membeli susu organik

Cara selanjutnya yang perlu diperhatikan orang tua adalah tidak dianjurkan untuk membeli susu organic karena hingga saat ini belum ada data yang memastikan tingkat keefektifan dari susu organik.

5. Memilih susu sesuai usia anak

Orang tua perlu selektif dalam memilih susu sesuai dengan usia anak karena formula susu anti alergi untuk anak usia diatas 1 tahun berbeda dengan dibawah 1 tahun. 

6. Memperhatikan kandungan protein

Setiap susu memiliki formulasi kandungan, orang tua bisa memperhatikan kandungan proteinnya. Dianjurkan untuk memilih susu yang terdapat kandungan protein whey dan casein. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mama #wajib #baca #simak #cara #memilih #susu #formula #anti #alergi #aman #untuksi #kecil #nomor #terakhir #sering #diabaikan

KOMENTAR