Berikut adalah Deretan Makanan yang Tak Cocok Dikonsumsi saat Buka Puasa, Durian Termasuk di Antaranya
Ilustrasi buah durian (Freepik)
20:34
23 Maret 2024

Berikut adalah Deretan Makanan yang Tak Cocok Dikonsumsi saat Buka Puasa, Durian Termasuk di Antaranya

 

 - Tidak semua makanan cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat mengganggu kesehatan. 

Saat berpuasa, perut kosong selama belasan jam, sehingga mengonsumsi makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan sakit dan mengganggu kelanjutan puasa. 

Dikutip dari klikdokter.com, Sabtu (23/3), untuk menghindari hal ini, penting untuk mengetahui makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka, yaitu:

  1. Makanan yang digoreng

Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan dan makanan berlemak saat berbuka puasa. Konsumsi makanan berlemak setelah berpuasa dapat meningkatkan produksi asam lambung, memicu Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. 

Selain itu, konsumsi makanan yang digoreng dapat menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh, meningkatkan risiko obesitas.

  1. Makanan yang tinggi gula

Anda mungkin familiar dengan pepatah "berbuka dengan yang manis." Walaupun disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa, penting untuk memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan dan meningkatkan risiko obesitas.

Pilihan yang baik untuk makanan atau minuman manis saat berbuka adalah buah-buahan seperti kurma, yang mengandung glukosa, sukrosa, fruktosa, serat, kalium, potasium, dan vitamin A. Jus buah seperti mangga, pepaya, atau pisang juga bisa menjadi alternatif yang sehat.

  1. Makanan yang terlalu asam atau pedas

Makanan yang bersifat asam dan pedas diyakini dapat memicu gejala mag. Mag atau gastritis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada dinding lambung.

Meskipun makanan pedas tidak langsung menjadi penyebab mag, namun dapat memperburuk gejalanya. Ketika makanan pedas mencapai saluran pencernaan, dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung.

Khususnya, konsumsi makanan pedas bersamaan dengan makanan asam dapat meningkatkan risiko iritasi (contohnya, saat makan rujak dengan buah yang asam dan bumbu pedas). Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan yang bersifat asam dan pedas saat berbuka puasa.

  1. Minuman bersoda

Sebaiknya hindari minuman berkarbonasi saat berbuka puasa. Minuman ini mengandung gas karbon dioksida yang akan dilepaskan dalam lambung, meningkatkan produksi gas di saluran cerna. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung, ketidaknyamanan, dan seringnya bersendawa.

  1. Makanan berlemak

Tidak menjadi masalah jika ingin menikmati makanan berlemak saat berbuka puasa, tetapi sebaiknya batasi konsumsinya. Makanan berlemak dapat memberatkan kerja lambung, menurunkan selera makan, dan meningkatkan risiko penyakit lain seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

  1. Mie instan

Makanan instan mie memang populer karena rasanya yang lezat dan kemudahannya. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi penting dari makanan lain. Sebaiknya, hindari mie instan agar tubuh bisa memperoleh nutrisi yang cukup setelah berpuasa.

Bagaimana Jika Berbuka dengan Durian?

Ketika berbuka puasa, seseorang seringkali merasa lemah secara fisik dan mental, sehingga otak mengirimkan sinyal untuk segera makan. 

Hal ini menyebabkan dorongan untuk mengonsumsi segala jenis makanan yang tersedia, yang dikenal sebagai lapar mata. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti buah durian.

Dikutip dari buka puasa seperti di atas akan membantu menjaga kelancaran puasa, kenyamanan, dan mencegah berbagai masalah kesehatan. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #berikut #adalah #deretan #makanan #yang #cocok #dikonsumsi #saat #buka #puasa #durian #termasuk #antaranya

KOMENTAR