Kaya Vitamin A, B, C, dan K, Tanaman Okra bermanfaat Bagi Tubuh untuk Menangkal Diabetes hingga Asma
Sayur Okra (Freepik)
13:18
16 Maret 2024

Kaya Vitamin A, B, C, dan K, Tanaman Okra bermanfaat Bagi Tubuh untuk Menangkal Diabetes hingga Asma

Tanaman Okra memiliki manfaat bagi kesehatan. Tanaman Okra kaya kandungan serat, vitamin, dan mineral. Salah satu manfaat okra yang populer, mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Okra adalah buah polong-polongan berbentuk kapsul yang dihasilkan dari tanaman berbunga bernama Abelmoschus esculentus. Okra dilapisi bulu karena sebetulnya masih termasuk ke dalam keluarga perdu atau kapas-kapasan (Malvaceae).

Tanaman induk okra masih bersaudara dengan pohon kapuk randu, pohon coklat (kakao), tembakau, serta bunga kembang sepatu. Okra juga dikenal dengan sebutan ‘lady finger’ ini dapat tumbuh di negara beriklim tropis.

Hal ini yang mungkin membuat negara seperti Indonesia, Asia, India, dan Timur Tengah tidak terlalu asing dengan menu makanan yang terbuat dari okra.

Sayur okra bermanfaat bagi penderita Diabetes karena mampu menurunkan kadar gula dalam darah, Manfaat okra dalam menstabilkan kadar gula darah mungkin dapat diperoleh karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga mampu memperlambat pelepasan gula dalam darah.

Sebagian orang mungkin enggan untuk mengkonsumsi sayur okra. Karena memiliki teksturnya yang cenderung berlendir dan lengket ketika dipanaskan, menjadi salah satu alasan mengapa okra kurang diminati.

Padahal okra mengandung potensi yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena okra mengandung berbagai macam mineral, seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Juga mengandung berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, hingga vitamin K.

Air okra dapat dibuat dengan cara merendam okra semalaman di dalam air putih dan meminum air rendaman tersebut di pagi harinya.

Okra juga bisa menurunkan berat badan karena memiliki serat tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi okra hijau, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan.

Okra juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi kandungan kalium yang terdapat di okra hijau bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah sekaligus mencegah terjadinya hipertensi.

Menurut Studi terbitan Journal of Allergy and Clinical Immunology yang dilansir laman DLHK Banten, penderita asma yang kekurangan vitamin C lebih sering mengalami gejala kambuhan. Ini menandakan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dapat membantu mengendalikan asma.

Selain itu, makanan tinggi antioksidan juga dapat bantu mencegah kerusakan jaringan akibat asma. Hal ini turut dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal Thorax. Dengan rutin makan okra yang tinggi vitamin C dapat mengurangi gejala napas mengi yang sering dialami pengidap asma.

Sayur okra kaya kandungan vitamin K yang membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tulang. orang yang rutin mencukupi sumber vitamin K hariannya biasanya cenderung memiliki komposisi tulang yang lebih kuat. Akhirnya, secara tidak langsung orang tersebut akan terhindar dari risiko pengeroposan tulang.

Cara Mengolah Okra

Ketika Okra dibelah untuk dimasak, sayuran ini akan mengeluarkan sedikit lendir. membersihkan sedikit lendirnya, namun sebaiknya jangan sampai dibilas bersih. Mengingat penjelasan manfaat okra di atas, sebagian besar potensi kebaikannya berasal dari lendir.

Cara memilih dan menyimpan sayur okra agar tetap lezat saat diolah, pilih okra dengan ukuran sedang atau tidak terlalu besar maupun kecil. Sayur okra yang berukuran besar karena biasanya sudah terlalu matang sehingga memiliki tekstur agak keras.

Pilih okra dengan tekstur keras dan kuat saat disentuh, Hindari memilih yang cenderung lunak atau lembek, karena menandakan sayur tersebut sudah tidak dalam kondisi segar.

Jika tidak ingin langsung dimasak, jangan cuci sayur okra dan simpan dalam kondisi kering terbungkus oleh kantong plastik. Mencuci sayur tersebut dan menyimpannya justru dapat membuatnya lembap, yang akhirnya mempercepat pembentukan lendir

Cara menyimpan lainnya bisa dengan cara menyimpan okra di lemari pendingin, sehingga mencegah pembusukan atau perubahan warna pada sayur okra.

Hindari memotong okra jika tidak ingin langsung dimasak, Hal ini justru akan membuat bagian ujungnya menjadi hitam ketika terlalu lama dibiarkan di udara terbuka. Lendir yang dihasilkan sayur bendi ini bisa dijadikan saus kental untuk menambah cita rasa masakan.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #kaya #vitamin #tanaman #okra #bermanfaat #bagi #tubuh #untuk #menangkal #diabetes #hingga #asma

KOMENTAR