11 Suplemen Penambah Darah yang Dijual di Apotek, Cocok Dikonsumsi Penderita Anemia dari Berbagai Kalangan
11 suplemen penambah darah yang bisa digunakan untuk mengatasi anemia dari berbagai kalangan usia. (freepik/macrovector)
18:00
28 Februari 2024

11 Suplemen Penambah Darah yang Dijual di Apotek, Cocok Dikonsumsi Penderita Anemia dari Berbagai Kalangan

 

 Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang sangat mengganggu. 

Saat kambuh, penderita mungkin merasakan tubuhnya mudah lelah, sakit kepala, dan sulit konsentrasi. 

Oleh karenanya, dibutuhkan cara untuk bisa mengatasi kondisi ini. Salah satunya adalah mengonsumsi suplemen atau obat penambah darah

Dilansir farmaku.com, Rabu (28/2), berikut ini beberapa suplemen penambah darah yang bisa digunakan untuk mengatasi anemia dari berbagai kalangan usia.

  1. Sangobion

Sangobion yang mengandung zat besi, multivitamin, dan mineral ini bisa dijadikan alternatif untuk membantu mengatasi anemia.

Selain membantu mengatasi kekurangan sel darah merah, Sangobion juga dapat memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Hemobion

Suplemen Hemobion merupakan kombinasi multivitamin dan mineral yang mengandung zat besi serta asam folat.

Hemobion strip bisa digunakan untuk penderita anemia baik itu wanita hamil, maupun ibu menyusui.

Perlu diketahui, suplemen ini tidak boleh digunakan untuk penderita hemokromatosis dan hemosiderosis.

  1. Tonikum Bayer

Jika Anda mencari suplemen penambah darah untuk anak usia mulai dari 6 tahun maupun dewasa, maka suplemen ini bisa dijadikan alternatif.

Tonikum Bayer mengandung multivitamin, zat besi, dan mineral. Suplemen ini bisa membantu pembentukan sel darah merah sehingga bisa mengatasi penyakit anemia.

  1. Iberet Folic

Iberet Folic mengandung zat besi 525 mg, vitamin B kompleks, vitamin C, dan asam folat yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi.

Tak hanya menjadi alternatif suplemen penambah darah untuk mengobati penyakit anemia, suplemen ini juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan B harian.

Selain itu, suplemen ini juga diperbolehkan untuk wanita hamil dalam mengatasi kekurangan vitamin B dan vitamin C selama kehamilan.

  1. Maltofer Fol

Suplemen zat besi merk ini mengandung zat besi jenis iron polymaltose complex (IPC) yang bisa terserap secara aktif. Sehingga tubuh hanya menyerap zat besi sesuai dengan kebutuhan.

Maltofer juga dapat diberikan pada kondisi hamil atau menyusui. Namun perlu diperhatikan, dosis suplemen ini harus disesuaikan dengan jenis usia, 

Untuk anak di atas 12 tahun, dewasa, dan ibu menyusui dapat mengonsumsi 1 tablet Maltofer sebanyak 1-3 kali sehari selama 3-5 bulan hingga Hb normal.

Sementara itu, untuk wanita hamil, dosis yang diberikan ialah 1 tablet, 2-3 kali sehari sampai mendapat angka Hb normal. 

  1. Maltofer Chewable

Maltofer Chewable ini mengandung zat besi jenis IPC yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Varian ini juga dilengkapi dengan folic acid atau asam amino.

Suplemen tablet ini bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah atau dikonsumsi sekaligus setelah Anda makan atau ditelan. 

  1. Prenamia

Obat ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat sehingga dapat mengatasi anemia.

Prenamia juga diperbolehkan untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Namun, penderita thalassemia dan hemokromatosis sebaiknya tidak mengkonsumsi Prenamia ini.

  1. Nature’s Plus Iron

Nature’s Plus Iron merupakan suplemen yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan mencegah anemia yang bisa membantu meningkatkan imun tubuh dan menghasilkan energi.

Untuk mencegah berbagai hal tersebut, Anda bisa coba mengonsumsi suplemen ini. Cukup konsumsi Nature’s Plus Iron 1 tablet per hari atau sesuai dengan saran dokter. 

  1. Ferlin Drops

Suplemen zat besi ini berbentuk drops dan cocok untuk dikonsumsi anak yang sedang masa pertumbuhan. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan usia anak. 

Untuk anak usia 1-2 tahun, dapat mengonsumsi sebanyak 1.6 ml, 6-12 bulan sebanyak 1.2 ml. Jika anak masih di bawah enam bulan, sebaiknya penggunaan obat dikonsultasikan dengan dokter terlebih dulu.

  1. Ferriz Drops

Suplemen zat besi berbentuk drop yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi serta dapat mendukung fungsi kognitif dan pertumbuhan anak.

Pemakaiannya, untuk anak usia 6-12 bulan, dapat diberikan sebanyak 0.6 ml, usia 1-2 tahun sebanyak 0.8 ml sehari sekali.

Sementara itu, untuk anak yang berusia di bawah 6 bulan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter anak.

  1. Fufang Ejiao Jiang

Fufang Ejiao Jiang adalah salah satu ramuan penambah darah herbal yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi.

Selain dapat mengatasi kekurangan sel darah merah, suplemen herbal ini juga dapat membantu memelihara kesehatan tubuh secara umum.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #suplemen #penambah #darah #yang #dijual #apotek #cocok #dikonsumsi #penderita #anemia #dari #berbagai #kalangan

KOMENTAR