Tren Makan Jamur Salju Sedang Viral Di Media Sosial, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Jamur Salju Secara Rutin Bagi Kesehatan 
Ilustrasi manfaat jamur salju. (pngtree.com)
23:00
25 Oktober 2024

Tren Makan Jamur Salju Sedang Viral Di Media Sosial, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Jamur Salju Secara Rutin Bagi Kesehatan 

– Media sosial tengah diramaikan dengan tren makan jamur salju dengan cocolan saus khas Thailand. Bentuk jamur yang unik menyerupai kepalan dengan ujung yang keriting membuat banyak warganet penasaran dengan jamur salju.

Jamur salju (tremella fuciformis) tumbuh subur di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Sejak dulu, jamur salju populer digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Dilansir dari laman klikdokter.com, Jamur salju memiliki rasa yang hambar, namun memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Jamur yang viral ini mengandung polisakarida yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Jamur ini memiliki penampilan unik dengan bentuk seperti awan putih transparan, dan sering digunakan dalam kuliner serta produk kesehatan dan kecantikan.

Dilansir dari laman doktersehat.com, Selain tampilannya yang cantik, jamur ini ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan yang menakjubkan. Simak beberapa manfaatnya di sini.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat paling terkenal dari jamur salju adalah kemampuannya untuk melembapkan kulit. Jamur jenis ini dapat menahan kelembapan lebih baik daripada asam hialuronat, zat populer yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit.

Jamur salju juga mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, yang dapat mempercepat proses penuaan.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan 

Jamur salju juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam jamur ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat juga berperan dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.  

  1. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian awal menunjukkan bahwa konsumsi jamur salju dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan melindungi otak dari stres oksidatif.

Polisakarida dalam Tremella fuciformis memiliki sifat neuroprotektif, yang dapat membantu mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Tremella fuciformis kaya akan polisakarida, zat yang terbukti membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Polisakarida dalam jamur ini mendukung tubuh dalam melawan infeksi dan membantu memodulasi respon imun.

Dengan mengonsumsi jamur ini secara rutin, tubuh bisa lebih tangguh dalam menghadapi berbagai penyakit.

  1. Membantu mengatasi kelelahan

Rasa lelah yang ekstrem bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Kabar baiknya, konsumsi jamur salju mampu mengatasi kondisi ini. Manfaat jamur salju yang satu ini hadir berkat polisakarida dan sejumlah antioksidan di dalamnya. 

Keduanya dapat membantu mencegah otot mudah lelah. Senyawa ini bekerja dengan mendorong sintesis protein dan RNA sehingga fungsi hati tetap normal dan kelelahan tidak terjadi.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #tren #makan #jamur #salju #sedang #viral #media #sosial #manfaat #mengonsumsi #jamur #salju #secara #rutin #bagi #kesehatan

KOMENTAR