Inilah Waktu yang Tepat Minum Vitamin Saat Puasa, Manfaatnya Akan Membantu Anda Tetap Sehat dan Energik
Ilustrasi suplemen dan vitamin. (Sumber Foto: (Pexels/Nataliya Vaitkevich) )
11:44
27 Februari 2024

Inilah Waktu yang Tepat Minum Vitamin Saat Puasa, Manfaatnya Akan Membantu Anda Tetap Sehat dan Energik

 

 

– Sebentar lagi akan tiba bulan suci Ramadhan. Saat puasa Ramadhan, banyak orang yang mengonsumsi suplemen vitamin agar tubuh tetap sehat dan bugar

Namun, tidak semua vitamin bekerja dengan cara yang sama sehingga Anda harus mengonsumsinya di waktu yang tepat. 

Untuk itu, simak waktu terbaik minum vitamin menurut Medbury Medical Services dengan menyimak artikel ini sampai selesai.

Ada dua golongan vitamin yang dapat dikonsumsi saat puasa, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Waktu Terbaik Minum Vitamin yang Larut dalam Lemak

Menurut Medbury Medical Services, Selasa (27/2),  Vitamin yang larut dalam lemak dilarutkan dalam tubuh menggunakan lemak, kemudian dibawa ke aliran darah dan melakukan fungsi-fungsi penting. 

Vitamin larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K. Waktu terbaik untuk minum vitamin yang larut dalam lemak adalah dengan setelah Anda makan berat seusai berbuka puasa. 

Hal ini dikarenakan Vitamin ini paling baik dikonsumsi dengan makanan yang mengandung lemak sehat agar cepat larut dan diserap oleh tubuh dengan baik.

Waktu Terbaik Minum Vitamin yang Larut dalam Air

Dilansir dari sumber yang sama, vitamin yang larut dalam air dapat menyerap paling baik ketika perut kosong. Itu artinya bahwa waktu minum vitamin ini saat bulan puasa paling baik ketika sahur, yaitu 30 menit sebelum makan atau dua jam setelah makan. 

Vitamin yang larut dalam air baiknya dikonsumsi di waktu yang telah disebutkan di atas saat bulan puasa sehingga tubuh dapat menyerapnya dengan optimal. 

Adapun golongan vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C, semua vitamin B (vitamin B2, B6, dan B12), dan folat (asam folat).

Manfaat Mengonsumsi Suplemen dan Vitamin saat Puasa

Selain mengonsumsi vitamin secara teratur, Anda juga dapat memanfaatkan suplemen lainnya untuk mendukung kesehatan Anda saat puasa Ramadan. Beberapa manfaat suplemen saat puasa Ramadan antara lain:

- Mempertahankan energi tubuh sepanjang hari

- Meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan

- Mengurangi keinginan untuk makanan tidak sehat

- Menjaga keseimbangan gula darah dan kolesterol

- Mencegah dehidrasi dan kelelahan

Meskipun vitamin dapat membantu tubuh tetap sehat saat puasa, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi vitamin dengan dosis yang sembarangan. 

Pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan aturan minum yang tertera pada label atau sesuai anjuran dokter. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan terima kasih telah membaca! 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #inilah #waktu #yang #tepat #minum #vitamin #saat #puasa #manfaatnya #akan #membantu #anda #tetap #sehat #energik

KOMENTAR