5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Transplantasi Rambut agar Tak Tertipu, Salah Satunya Jumlah Rambut yang Dibutuhkan
ILUSTRASI: Transplantasi Rambut. (Istimewa)
19:58
25 Oktober 2024

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Transplantasi Rambut agar Tak Tertipu, Salah Satunya Jumlah Rambut yang Dibutuhkan

– Tak semua orang bisa menerima kebotakan yang terjadi pada dirinya. Salah satu solusi yang kemudian dilakukan adalah transplantasi rambut. Tindakan ini adalah sebuah upaya dalam memberikan nilai penampilan seseorang melalui penampilan rambut yang menarik dan bervolume. 

Banyaknya kebutuhan orang untuk mentransplantasi rambut ini membuat menjamurnya klinik hair transplant dengan berbagai penawaran menggiurkan dan metode-metode yang diterapkan.    Hal ini tentu saja baik. Namun begitu, Dokter Kecantikan Farmanina Hair & Aesthetic Clinic, Cintawati Farmanina, Mbio (AAM) mengataian bahwa banyaknya klinik hair transplant menjadi tantangan tersendiri bagi para konsumen.  

  "Sebab, mereka dituntut untuk lebih jeli dan kritis agar pilihan klinik yang menjadi pilihannya dapat memberikan hasil yang sesuai dan cocok dengan kondisi rambut serta kulit kepalanya," ujarnya kepada wartawan, Jumat (25/10).   Oleh karena itu, dr. Farmanina mengatakan bahwa setidaknya ada lima hal yang wajib Anda ketahui sebelum ke klinik transplantasi rambut.    1. Reputasi klinik    Ini adalah hal pertama yang paling perlu dilakukan ketika Anda hendak memilih klinik untuk transplantasi rambut. Jika sudah memilih klinik, coba cek reputasinya.   Apakah klinik itu sudah memiliki izin dari pemegang kewenangan? Bagaimana testimoni yang disampaikan oleh konsumen terdahulu?    2. Memastikan dokter yang menangani   Menurut dr. Farmanina, Anda juga perlu menanyakan siapa yang melakukan tindakan hair transplant, harus dipastikan yang melakukannya adalah dokter profesional.   Jika ada klinik yang mengiklankan dokter dari luar negeri sebagai tenaga sumber dayanya, cek juga izin praktik dokter tersebut, pastikan sudah memiliki izin praktik di wilayah Indonesia.   "Supaya bila terjadi hal yang tidak diinginkan pasien dapat meminta pertanggungjawaban," tegas dr. Farmanina.  

  3. Jumlah rambut yang dibutuhkan   Saat Anda akan melakukan transplantasi rambut, pastikan bahwa jumlah rambut yang dibutuhkan disampaikan oleh dokter yang akan menangani.   Jumlah kebutuhan rambut ini wajib diketahui di awal dan Anda harus mengetahui bagaimana dokter menentukan kebutuhan rambut dengan memberikan perhitungan yang benar.    4. Anda berhak menghitung graft.   Ingatlah bahwa Anda juga berhak untuk menghitung graft yang diambil sebelum ditanamkan. Wajib diketahui juga durasi waktu terbaik agar graft rambut yang diambil berada pada suhu ruang maksimal 5 jam agar ketika ditanam folikel masih adalam kondisi terbaik dan dapat tumbuh dengan maksimal.    5. Lihat track record  

  Pasien terdahulu yang telah melakukan hair transplant di klinik tersebut juga sebisa mungkin harus Anda ketahui agar bisa memperkirakan hasil pengerjaan yang sudah dilakukan oleh dokter.   Menurut dr. Farmanina, semua hal tersebut wajib Anda ketahui sebelum hendak transplantasi ramutagar tidak terkena tipu oleh klinik yang tidak bertanggung jawab seperti adanya mark up jumlah rambut yang dimanipulasi dengan harga yang terlihat lebih murah.   "Padahal tidak sesuai dengan jumlah graft yang dibutuhkan. Tidak adanya transparansi ini menyangkut jumlah graft/ folikel atau helai yang tidak transparan," tuturnya.   "Lebih berbahaya lagi bagi pasien jika tindakan hair transplant dilakukan oleh orang yang tidak kompeten dan bukan expert seperti dokter karena efeknya selain pertumbuhan rambut yang tidak maksimal, rasa sakit yang ditimbulkan dari proses anestesi yang bukan dari tenaga medis juga mengakibatkan rasa sakit ketika proses tindakan berlangsung," pungkas dr. Farmanina.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #yang #perlu #diketahui #sebelum #transplantasi #rambut #agar #tertipu #salah #satunya #jumlah #rambut #yang #dibutuhkan

KOMENTAR