Ketahui Manfaat Vitamin B12 bagi Manusia, Menjaga Kesehatan Otak, Pembentukan Sel Darah Merah, dan Perkembangan Janin
Salah satu vitamin yang sangat penting adalah vitamin B12, yang merupakan bagian dari kelompok vitamin B kompleks. (Istimewa)
11:48
24 Februari 2024

Ketahui Manfaat Vitamin B12 bagi Manusia, Menjaga Kesehatan Otak, Pembentukan Sel Darah Merah, dan Perkembangan Janin

- Manusia memerlukan asupan nutrisi yang seimbang, yang mencakup karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang sangat penting adalah vitamin B12, yang merupakan bagian dari kelompok vitamin B kompleks.

Dilansir dari Honest Docs, vitamin B12 memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan jaringan saraf, fungsi otak, dan pembentukan sel darah merah. Juga dikenal dengan nama Kobalamin, vitamin B12 larut dalam air, yang berarti dapat bergerak melalui aliran darah dan disimpan dalam tubuh hingga empat tahun. Kelebihan vitamin B12 akan dikeluarkan bersama urin.

Ada berbagai fakta penting tentang vitamin B12, termasuk kebutuhan harian untuk orang dewasa, yang berusia di atas 14 tahun, sebesar lebih dari 2,4 mikrogram (mcg).

Sumber alami vitamin B12 adalah daging, tetapi bagi vegetarian, suplemen dapat menjadi alternatif untuk mencukupi asupan.

Vitamin B12 memiliki manfaat yang krusial bagi tubuh. Misalnya, Methylcobalamin, bentuk dari vitamin B12, dapat meredakan gejala kaki terbakar dan nyeri.

Selain itu, vitamin B12 mendukung kesehatan otak, termasuk pembentukan sel darah merah dan regulasi DNA.

Selama kehamilan, asupan vitamin B12 sangat penting karena berperan dalam perkembangan janin, kesehatan saraf, dan pembentukan sel-sel darah.

Kekurangan vitamin B12 dapat berdampak serius pada bayi, bahkan meningkatkan risiko obesitas pada masa mendatang.

Tak hanya itu, vitamin B12 juga berperan dalam perawatan kulit, kuku, dan rambut. Membantu regenerasi sel kulit dan mencegah penuaan dini.

Asupan rutin vitamin B12 dapat membuat kulit tampak lebih sehat, halus, dan bersih secara alami.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketahui #manfaat #vitamin #bagi #manusia #menjaga #kesehatan #otak #pembentukan #darah #merah #perkembangan #janin

KOMENTAR