6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Sinusitis yang Kambuh, Salah Satunya dengan Menghirup Uap Hangat
Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Sinusitis. (freepik.com)
13:56
22 Oktober 2024

6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Sinusitis yang Kambuh, Salah Satunya dengan Menghirup Uap Hangat

 

 

Sinusitis merupakan peradangan pada dinding sinus, rongga kecil yang berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi, mata, dan dahi.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab seseorang terkena sinusitis, seperti terkena infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Selain itu, ada beberapa gejala seseorang terkena sinusitis, mulai dari pilek, memiliki alergi, struktur hidung yang bermasalah, hingga sistem kekebalan tubuh yang buruk.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sinusitis merupakan kondisi yang bisa kamu hindari, salah satunya dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

Berikut ini merupakan enam cara yang ampuh untuk mengatasi sinusitis yang kambuh yang dilansir dari laman hellosehat dan alodokter pada Selasa (22/10).

  1. Rajin Mencuci Tangan

Cara pertama untuk mengatasi sinusitis, yaitu dengan rajin mencuci tangan. Dengan rajin mencuci tangan, maka kuman tidak dapat masuk ke dalam tubuh serta rentan untuk membuat kamu terkena infeksi.

Oleh karena itu, kamu harus rajin mencuci tangan agar dapat menghindari sinusitis serta penyakit lainnya.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Selanjutnya, yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Mengkonsumsi makanan bergizi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Untuk itu, kamu dapat memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi sebagai bentuk pencegahan sinusitis.

Ada beberapa makanan yang dipercaya baik untuk mencegah peradangan sinus, seperti ikan salmon, sarden, tuna, alpukat, sayuran hijau, kacang tauge, dan makanan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin C.

  1. Hindari atau Kelola Stres dengan Baik

Cara selanjutnya, yaitu menghindari atau kelola stres dengan baik. Diketahui bahwa stres dapat memicu peningkatan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang berpengaruh pada meningkatnya peradangan dalam tubuh.

Selain itu, stres juga berpotensi dapat menurunkan kadar sel darah putih dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk dan lebih mudah terserang penyakit.

Kamu dapat mengendalikan stres dengan cara melakukan meditasi selama 10-15 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Dengan melakukan meditasi dapat mengurangi stres, sehingga dapat mengatasi sinusitis.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Kamu dapat mengkonsumsi minuman air putih untuk mengatasi sinusitis. Dengan mengkonsumsi cairan yang cukup, maka dapat mengencerkan lendir serta memudahkannya keluar dari rongga sinus yang sedang membengkak.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus mengurangi kafein dan alkohol, karena bisa menyebabkan kamu mengalami dehidrasi.

Minuman beralkohol bisa menambah pembengkakan pada sinus. Untuk itu, kamu harus menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

  1. Hirup Uap Hangat

Cara lainnya untuk mengatasi sinusitis, yaitu dengan menghirup uap hangat sebanyak 3 kali sehari.

Kamu bisa menghirup uap hangat dari mangkuk yang berisi air panas. Namun, ingat jangan menghirup uap dari air yang masih dimasak pada kompor.

  1. Lakukan Bilas Hidung

Kamu dapat membersihkan sinus dari lendir dan kotoran yang mengiritasi sinus. Untuk caranya, kamu dapat memasukkan 1 liter air hangat dan 1 sendok teh garam. Lalu tambahkan dengan ½ sendok teh baking soda.

Masukkan larutan tersebut ke dalam neti pot atau teko kecil yang kamu miliki di rumah. Bersandar ke wastafel dan miringkan kepalamu, lalu tuang larutan air garam ke salah satu lubang hidung.

Biarkan larutan mengalir dan keluar ke salah satu lubang hidung lainnya. Kamu dapat menggunakan mulut untuk bernapas selama larutan mengalir di dalam hidung.

Nah itu dia informasi mengenai enam cara yang ampuh untuk mengatasi sinusitis yang kambuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #ampuh #untuk #mengatasi #sinusitis #yang #kambuh #salah #satunya #dengan #menghirup #hangat

KOMENTAR