Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 yang Sering Diremehkan, Berikut Penjelasan dr Emasuper
Inilah gejala kekurangan vitamin B12 / YouTube @dr.Emasuperr
21:46
20 Pebruari 2024

Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 yang Sering Diremehkan, Berikut Penjelasan dr Emasuper

 

 

 Apabila tubuh merasa kesemutan pada tangan dan kaki, namun saat di cek tekanan darah, kolesterol, dan detak jantung normal, hal itu disebabkan karena kekurangan vitamin B12.

Biasanya kekurangan vitamin B12 sering terjadi pada orang dengan usia 30an. Selain itu, kamu yang sering minum teh manis sambil makan, hal ini dapat menghambat penyerapan vitamin, serta mengkonsumsi obat-obatan tertentu mengakibatkan tubuh kesulitan menyerap vitamin B12.

Kadar vitamin B12 yang normal sekitar 300pg/ml, jika kurang dari itu akan menyebabkan gejala-gejala tertentu.

Dikutip dari kanal YouTube @dr.Emasuperr (8/4), berikut merupakan gejala yang terjadi pada tubuh disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan cara mengatasinya.

  1. Kesemutan pada kaki dan tangan

Apabila terdapat riwayat darah tinggi, kolesterol, diabetes di usia muda dan merasakan kram di kaki juga tangan itu dapat didiagnosa kekurangan vitamin b12.

Salah satu fungsi vitamin tersebut adalah menstabilkan fungsi saraf pada tubuh terutama yang berhubungan dengan indera.

  1. Sakit kepala

Rasa nyeri kepala yang tidak tertahankan, cenut-cenut sehingga merasakan hal yang tidak nyaman. Biasanya sering salah diagnosa seperti, hipertensi atau nyeri kepala biasa.

  1. Gangguan mood, depresi, dan kecemasan

Sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf pusat. Ketika kekurangan Vitamin B12 akan mengganggu kesehatan mental dan sistem saraf pusat terutama pada usia muda.

Jika merasa tidak semangat mungkin bisa dicek lagi asupan nutrisi yang mengandung vitamin B12.

  1. Nyeri mulut dan sariawan

Sering salah arti bahwa jika terjadi sariawan disebabkan kekurangan vitamin C. Hal itu kurang tepat jika sudah konsumsi Vitamin C namun tetap merasakan nyeri dan kemerahan pada mulut serta pendarahan area gigi, itu bisa jadi gejala dari defisiensi Vitamin B12.

  1. Kelelahan

Tubuh membutuhkan Vitamin B12 untuk berfungsi dengan baik, memberi tambahan energ, memperoduksi sel darah merah, juga penyerapan oksigen pada tubuh.

Apabila semua itu tidak terpenuhi menyebabkan anemia megaloblastik. Cara mengetahui apakah seseorang kekurangan vitamin B12 dapat melakukan tes laboratorium, darah lengkap maupun asam folat pada tubuh.

Selain itu bisa langsung konsumsi makanan penyedia, seperti produk susu, hewani dan suplemen vitamin B12. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #tanda #tubuh #kekurangan #vitamin #yang #sering #diremehkan #berikut #penjelasan #emasuper

KOMENTAR