Berikut 8 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Sirosis, Salah Satunya Apel
Ilustrasi: Buah-buahan. (Pexels)
09:34
19 Oktober 2024

Berikut 8 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Sirosis, Salah Satunya Apel

- Salah satu organ tubuh yang paling penting adalah hati. Organ tersebut mempunyai manfaat menyimpan glikogen, mensintesis protein, menyimpan vitamin, dan menciptakan empedu untuk membantu mencerna makanan.

Penyakit yang umum terjadi pada hati adalah sirosis. Kerusakan sel hati dalam jangka panjang, terbentuknya jaringan fibrosa yang menghambat sirkulasi hati dan mengurangi fungsi hati merupakan tanda munculnya sirosis.

Melansir Alodokter, penderita sirosis juga mengalami gejala seperti lemas, mual, muntah, dan nafsu makan menurun.

Penyakit ini bisa dicegah dengan menghindari penyebabnya seperti tidak berbagi penggunaan jarum suntik, menerapkan aktivitas seksual yang aman, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Bagi yang mengalami penyakit sirosis, mengonsumsi buah dan sayur sangat penting karena dapat memberi kekuatan pada tubuh serta mencegah kerusakan hati.

Lalu, buah apa saja yang cocok untuk penderita sirosis? Berikut informasi selengkapnya, sebagaimana dikutip dari Vinmec.

1. Jeruk

Jeruk membantu hati menjadi kuat karena kandungan vitamin dan zatnya. Antioksidan yang berada dalam buah ini juga membantu hati melawan parasit dan membuang racun dalam hati.

2. Grapefruit

Buah berwarna oranye dengan daging buah merah keunguan ini membantu melindungi sel hati serta mengurangi peradangan.

Potensi memperlambat perkembangan sirosis juga dapat dilakukan grapefruit karena merangsang produksi dan aktivitas enzim yang mendukung detoksifikasi hati.

Grapefruit juga kaya akan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk melindungi hati dan mengurangi proses fibrosis.

3. Lemon

Vitamin C pada lemon membantu hati untuk menghilangkan lemak dan limbah dari tubuh. Efek detoksifikasi yang ada pada lemon juga menyeimbangkan PH dalam tubuh.

4. Apel

Apel dapat membantu mengurangi beban pada hati dan secara bertahap meningkatkan kesehatan hati. Buah ini juga memiliki fungsi detoksifikasi racun dari tubuh.

Selain itu, apel akan membantu menghilangkan bakteri usus dan mendukung pengobatan sistitis.

5. Alpukat

Saat mengonsumsi Alpukat, kesehatan hati Anda akan meningkat karena terdapat kandungan serat, lemak baik, vitamin, B, C, dan E. Antioksidan glutathione yang ada pada buah ini juga membantu detoksifikasi hati.

6. Anggur

Peradangan dan kerusakan hati dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah yang kaya vitamin C. Hal tersebut dipengaruhi karena kandungan antioksidan dan resveratrol.

7. Nanas

Enzim bromelain pada nanas dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Selain itu, mineral dan vitamin pada nanas membantu mendukung detoksifikasi hati serta membersihkan sel-sel hati.

8. Pisang

Jika kadar kalium rendah akan membuat kesehatan hati semakin buruk. Oleh karena itu, pisang yang memiliki kalium akan mengatasi hal tersebut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #berikut #buah #yang #baik #untuk #dikonsumsi #oleh #penderita #penyakit #sirosis #salah #satunya #apel

KOMENTAR