Simak 5 Kombinasi Makanan yang Dapat Memberi Manfaat Kesehatan Maksimal, Menurut Pakar Edukasi Gizi Dunia
Kombinasi Makanan Sehat untuk Manfaat Lebih./Freepik
10:33
12 Februari 2024

Simak 5 Kombinasi Makanan yang Dapat Memberi Manfaat Kesehatan Maksimal, Menurut Pakar Edukasi Gizi Dunia

 

- Tahukah kamu, beberapa makanan dapat memberikan manfaat lebih besar ketika dikonsumsi bersamaan?

Ya, daripada jika dikonsumsi secara terpisah, rupanya ada makanan yang lebih baik dikombinasikan.

Dilansir dari Antara, Senin (12/2), hal ini telah disampaikan oleh Susan Bowerman, Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife, dalam keterangannya di Jakarta.

Konsep ini mengacu pada sinergi makanan yang memperhitungkan pengaruhnya terhadap penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 5 kombinasi makanan yang memberikan manfaat lebih besar bila dikonsumsi bersamaan.

1. Makanan Berwarna dengan Lemak Rendah

Buah dan sayuran banyak mengandung karotenoid, pigmen alami yang memberikan warna pada makanan.

Karotenoid, seperti lycopene, beta-karoten, dan lutein, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Makan sayuran dengan sedikit lemak membantu penyerapan karotenoid, contohnya menambahkan sedikit lemak sehat dari alpukat atau minyak zaitun ke salad untuk meningkatkan penyerapan karotenoid dalam sayuran seperti selada romaine, wortel, dan tomat.

2. Vitamin C dengan Sumber Zat Besi Nabati

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-heme yang terdapat dalam makanan nabati.

Mengonsumsi vitamin C bersama dengan sumber zat besi nabati seperti jeruk atau tomat dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga tiga kali lipat. Contohnya, tomat dalam kari akan membantu penyerapan zat besi dalam kacang.

3. Lemon dan Teh Hijau

Fitonutrien dalam teh hijau, terutama katekin, dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Menambahkan lemon ke teh hijau meningkatkan penyerapan fitonutrien ini oleh tubuh karena kandungan vitamin C.

Alternatifnya, buah kaya vitamin C seperti beri atau jeruk juga bisa dikonsumsi bersama dengan minuman.

4. Ikan dan Sayuran Hijau

Menggabungkan ikan berlemak yang kaya akan Vitamin D dengan sayuran hijau yang mengandung kalsium dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Ikan seperti salmon dan makarel menyediakan Vitamin D, sementara sayuran hijau seperti daun lobak, sawi, dan kale menyediakan kalsium.

5. Campuran Makanan Nabati

Makanan nabati, termasuk buah, sayuran, dan kacang-kacangan, merupakan sumber antioksidan yang baik. Manfaat antioksidan ini lebih besar ketika dikonsumsi dalam bentuk campuran makanan.

Sebagai contoh, campuran jeruk, apel, anggur, dan blueberry memberikan manfaat antioksidan yang lebih besar daripada jumlah yang setara dari masing-masing buah jika dikonsumsi secara terpisah.

Itulah kombinasi makanan yang baik diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Praktekkan dan rasakan manfaat berlebihnya untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #kombinasi #makanan #yang #dapat #memberi #manfaat #kesehatan #maksimal #menurut #pakar #edukasi #gizi #dunia

KOMENTAR