Apakah Lidah Buaya Efektif untuk Mengobati Diabetes? Berikut Manfaat Lidah Buaya yang Diakui
Ilustrasi aloe vera atau lidah buaya. (Sumber: pharmeasy.in)
19:22
7 Februari 2024

Apakah Lidah Buaya Efektif untuk Mengobati Diabetes? Berikut Manfaat Lidah Buaya yang Diakui

 - Lidah buaya atau aloe vera telah lama dianggap memiliki sifat penyembuhan dan digunakan dalam berbagai produk kesehatan, hingga kecantikan. 

Salah satu klaim yang sering dikaitkan dengan kesehatan, bahwa lidah buaya dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk penderita diabetes. 

Namun, seberapa kuat bukti ilmiah  dalam mendukung klaim tersebut? Berikut penjelasan beberapa hasil penelitian terhadap lidah buaya. 

Penelitian Lidah Buaya terhadap Penderita Diabetes

Orang-orang telah menggunakan lidah buaya karena khasiatnya sebagai obat sejak berabad-abad yang lalu, sehingga lidah buaya diakui memberikan banyak manfaat.

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan, termasuk luka bakar akibat sinar matahari dan luka lainnya.

Dilansir dari healthline.com, faktanya lidah buaya mengandung 75 komponen aktif, yang termasuk vitamin, mineral, enzim, dan asam amino. 

Meskipun para ahli memperingatkan bahwa masih banyak diperlukan penelitian lanjutan, dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah menyelidiki potensi lidah buaya.

Salh satu potensi lidah buaya tersebut dapat membantu penderita diabetes dengan menurunkan kadar gula darah tinggi dan mengendalikannya. 

Tahun 2016, peneliti meninjau sejumlah penggunaan lidah buaya pada penderita diabetes dan para diabetes.

Beberapa penelitian tersebut mengamati dampak lidah buaya terhadap faktor-faktor penting untuk mempengaruhi kesehatan penderita diabetes. 

Laporan sejauh ini menunjukkan bahwa lidah buaya tampaknya memiliki dampak positif pada pengendalian glikemik.

Manfaat Lidah Buaya yang Diakui

Penelitian menunjukkan bahwa jus atau suplemen lidah buaya memiliki sejumlah manfaat bagi penderita diabetes, yang dijelaskan sebagai berikut.

1. Menurunkan Kadar Glukosa dalam Darah

Penelitian pada tahun 2015 menyatakan bahwa mengkonsumsi gel lidah buaya dapat membantu orang mencapai kadar glukosa darah puasa lebih baik.

Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh, hingga berat badan.

2. Sedikit Efek Samping

Hasil penelitian yang dipublikasi pada Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, kebanyakan dari orang yang ikut berpartisipasi dalam penelitian tersebut, menunjukkan bahwa lidah buaya memberikan efek mentoleransi dan tidak mengalami efek samping yang merugikan.

3. Rata-Rata HbA1c yang Lebih Rendah

HbA1c merupakan pemeriksaan yang akurat dan tepat dalam mengukur gula darah yang kronis, serta berkorelasi positif dengan terjadinya risiko komplikasi diabetes.  

Penelitian terkait HbA1c membuahkan hasil yang beragam. Sebuah uji klinis yang melibatkan tikus laboratorium, telah ditemukan bahwa lidah buaya dapat membantu hewan menurunkan HbA1c, yang bisa petanda baik untuk penderita diabetes. 

Tetapi, penelitian sebelumnya, yang dilakukan terhadap manusia tidak menghasilkan yang sama.

Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah dan bagaimana lidah buaya dapat mempengaruhi kenaikan atau penurunan kadar HbA1c.  

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #apakah #lidah #buaya #efektif #untuk #mengobati #diabetes #berikut #manfaat #lidah #buaya #yang #diakui

KOMENTAR