Buah-buahan Baiknya Dikonsumsi Sebelum atau Sesudah Makan? Simak Penjelasan Secara Ilmiahnya!
Buah-buahan. (Freepik)
22:26
14 Oktober 2024

Buah-buahan Baiknya Dikonsumsi Sebelum atau Sesudah Makan? Simak Penjelasan Secara Ilmiahnya!

 

Banyak ditemukan pro kontra terkait waktu yang cocok untuk mengonsumsi buah, yakni sebelum maupun setelah makan.

Seperti diketahui, konsumsi buah diwaktu yang tepat, tentunya bisa mendapatkan khasiat dan asupan nutrisi yang terkandung pada buah-buahan tersebut.

Apalagi, buah-buahan dikenal memiliki segudang manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh dan dapat menjadi penangkal dari penyakit tertentu.

Benefit lain yang didapatkan dengan konsumsi buah secara rutin yakni dinilai mampu membuat badan terasa lebih bugar dan menurunkan berat badan.

Dilansir dari Ripe London pada Senin (14/10), bahwa tidak ada waktu terbaik yang pasti untuk makan buah melainkan buah bisa dikonsumsi kapan saja sepanjang hari.

Kandungan karbohidrat, metabolism atau penyerapan nutrisi tubuh sama sekali tidak dipengaruhi oleh jam makan.

Klaim tentang waktu khusus untuk mengonsumsi buah seperti saat perut kosong atau sebelum makah seringkali tidak didukung oleh penelitian ilmiah meski sudah banyak diyakini oleh kebanyakan orang akan kebenarannya.

Anggapan tersebut hanyalah mitos yang didukung dengan teori bahwa buah akan lebih cepat diserap dengan bantuan enzim khusus jika keadaan perut kosong saat mengonsumsinya.

Adapun saat perut sudah terisi dengan makanan berat, sistem pencernaan akan sibuk memproses gizi yang ada pada kandungan makanan bukan dari buahnya.

Akibatnya, buah yang dikonsumsi saat perut terisi akan tertimbun begitu saja di lambung dan nutrisinya tidak terserap dengan baik.

Banyak mitos lain tentang waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah di kalangan Masyarakat seperti sore adalah waktu terbaik untuk makan buah, hindari makan buah sebelum tidur dan selalu makan buah saat kosong.

Semua itu tidak ada alasan ilmiah yang mendasari, jadi teruslah mengonsumsi buah favoritmu kapanpun yang kamu mau dan sesuai dengan porsinya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #buah #buahan #baiknya #dikonsumsi #sebelum #atau #sesudah #makan #simak #penjelasan #secara #ilmiahnya

KOMENTAR