Segera Perbaiki Gaya Hidup, Terapkan 5 Tips untuk Menghindari Asam Urat Kambuh dan Fatal
Asam Urat/ Image by brgfx on freepik/ freepik
18:12
5 Februari 2024

Segera Perbaiki Gaya Hidup, Terapkan 5 Tips untuk Menghindari Asam Urat Kambuh dan Fatal

 



Asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin, secara alami.

Sementara itu, purin diketahui sebagai zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Purin, dapat mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi.

Nantinya, ketika sudah selesai digunakan tubuh, purin akan diubah menjadi asam urat yang dibuang melalui urine.

Namun sayangnya, proses perubahan purin menjadi asam urat acapkali terkendala.

Gangguan tersebut, biasanya dimulai dari ginjal yang mengeluarkan terlalu sedikit asam urat.

Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Nah, agar hal itu tak terjadi, perubahan gaya hidup juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan gout.



Dikutip dari healthline, Senin (5/2), berikut tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

1. Batasi Makanan yang Mengandung Purin

Kita bisa mengendalikan sumber asam urat dalam tubuh stabil dengan tidak berlebihan mengonsumsi makanan tinggi purin.

Semua makanan tersebut yang mengandung purin, berkontribusi terhadap asam urat saat dicerna.

Oleh karenanya, hindari atau kurangi asupan makanan kaya purin, seperti daging merah, jeroan, ikan, kerang hingga unggas.

2. Kurangi Konsumsi Gula

Fruktosa merupakan gula alami dalam buah dan madu. Saat tubuh kita memecah fruktosa, tubuh melepaskan purin dan meningkatkan kadar asam urat.

Perlu diingat bahwa fruktosa dalam minuman diserap lebih cepat dibandingkan gula dalam makanan utuh karena minuman tidak mengandung serat, protein, atau nutrisi lainnya.

Penelitian dari tahun 2020 menunjukkan penyerapan gula rafinasi yang lebih cepat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi.



3. Minum lebih banyak air putih

Minum banyak cairan membantu ginjal mengeluarkan asam urat lebih cepat. Ginjal menyaring sekitar 70% asam urat dalam tubuh kita.

Mengonsumsi air yang cukup dapat membantu mendukung ginjal kita berfungsi lebih baik dan dapat mengurangi risiko batu ginjal dan asam urat.

4. Hindari minuman alkohol

Minuman alkohol bisa membuat tubuh kita semakin dehidrasi. Penelitian tahun 2021 menunjukkan hal tersebut dapat memicu kadar asam urat tinggi.

Beberapa jenis alkohol, seperti bir, mengandung kandungan purin yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Namun, alkohol yang rendah purin pun dapat meningkatkan produksi purin.

Alkohol meningkatkan metabolisme nukleotida, sumber purin lain yang dapat diubah menjadi asam urat. Hal tersebut mempengaruhi kecepatan pelepasan asam urat, yang menyebabkan peningkatan kadar darah.



5. Kelola berat badan

Kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Berat badan berlebih dapat menyebabkan ginjal kita bekerja kurang efisien. Hal itu dapat meningkatkan produksi asam urat dan menurunkan ekskresi asam urat melalui urin.

Jika kamu merasa bahwa berat badan mungkin berkontribusi terhadap kadar asam urat yang tinggi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rencana penurunan berat badan.

Mereka akan menyarankan ke ahli diet yang dapat membantumu membuat rencana makan yang bergizi dan seimbang. Selain itu, mereka juga dapat merekomendasikan rencana olahraga atau menyarankan perubahan gaya hidup yang sehat.

***



Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #segera #perbaiki #gaya #hidup #terapkan #tips #untuk #menghindari #asam #urat #kambuh #fatal

KOMENTAR