Kenali 6 Jenis Vitamin dan Khasiatnya untuk Daya Tahan Tubuh, Penting Dikonsumsi Setiap Hari!
Vitamin penting dikonsumsi setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh (Pexels)
13:47
4 Februari 2024

Kenali 6 Jenis Vitamin dan Khasiatnya untuk Daya Tahan Tubuh, Penting Dikonsumsi Setiap Hari!

– Asupan vitamin sangat penting untuk daya tahan tubuh kita. Apalagi di musim hujan saat ini, daya tahan tubuh harus terjaga dengan baik agar tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Untuk menjaga kesehatan tubuh maka diperlukan vitamin setiap harinya. Vitamin sendiri memiliki beberapa macam dan khasiat yang berbeda, seperti vitamin A,B,C,D,E, dan vitamin K.

Secara umum, vitamin dibedakan menjadi dua jenis, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air.

Vitamin tersebut bisa didapatkan dari makanan maupun suplemen tambahan. Namun sumber vitamin alami paling banyak terdapat pada buah dan sayuran.

Melansir dari Siloam Hospital (4/2), setiap jenis vitamin memiliki khasiatnya tersendiri untuk kesehatan tubuh, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Vitamin A

Vitamin A masuk dalam jenis vitamin larut lemak. Vitamin ini dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti hati sapi, kuning telur, ikan, udang, wortel, buah-buahan berwarna gelap, sayuran berdaun hijau gelap, dan lain sebagainya.

Khasiat yang terdapat pada vitamin A, di antaranya menjaga kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh, mendukung perkembangan janin, menjaga kesehatan kulit, mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, serta menjadi antioksidan.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B masuk dalam jenis vitamin larut air. Vitamin B kompleks merupakan sekelompok mikronutrien yang berperan penting untuk menunjang kinerja tubuh.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B Kompleks adalah buah alpukat, daging merah, daging unggas, susu dan produk olahannya, tahu dan tempe, telur, sayuran berdaun hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta makanan laut seperti ikan, kerang, dan tiram.

Ada 8 jenis vitamin B kompleks yang perlu dicukupi asupan hariannya. Berikut daftar jenis dan fungsi vitamin B kompleks bagi tubuh.

- Vitamin B1 (tiamin) berfungsi untuk membantu tubuh mengolah karbohidrat menjadi energi dan menjaga kesehatan kulit, rambut, otot, otak, jantung, serta sel-sel saraf.

- Vitamin B2 (riboflavin) berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan bekerja sama dengan vitamin B kompleks lainnya untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

- Vitamin B3 (niasin) berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan saraf, serta membantu proses pencernaan, dan mengubah makanan menjadi energi.

- Vitamin B5 (asam pantotenat) berfungsi untuk membantu proses pembentukan energi, lemak, hormon steroid, zat kimia (neurotransmitter) di otak, dan hemoglobin.

- Vitamin B6 (piridoksin) berkhasiat membantu menjaga suasana hati dan siklus tidur, mengoptimalkan fungsi otak, membantu proses pembentukan sel darah merah, serta meningkatkan sistem imun tubuh.

- Vitamin B7 (biotin) dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme protein dan karbohidrat, menguraikan asam lemak, menjaga kesehatan rambut dan tulang, serta mengoptimalkan produksi hormon dan kolesterol.

- Vitamin B9 (asam folat) berfungsi untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah, dan meminimalkan risiko kelainan kongenital pada janin, serta membantu proses produksi DNA (yang berkaitan dengan fungsi sel dan pertumbuhan jaringan dalam tubuh).

- Vitamin B12 (kobalamin) berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf, mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, dan menunjang proses pembentukan sel-sel baru, DNA, serta sel darah merah.

3. Vitamin C

Sama dengan vitamin B, Vitamin C atau asam askorbat merupakan jenis vitamin larut air. Vitamin ini berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perbaikan sel-sel gigi, tulang, dan kulit.

Vitamin C dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi, mempercepat proses penyembuhan luka, dan membantu proses penyerapan zat besi. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C juga berfungsi mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C yaitu jeruk, jambu biji, stroberi, tomat, kiwi, kubis, brokoli, bayam, paprika merah, dan kentang.

4. Vitamin D

Vitamin D atau kalsiferol berfungsi untuk memperkuat sistem imun tubuh, dan membantu proses penyerapan kalsium dan fosfor untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Tubuh dapat menyerap vitamin D saat terkena paparan sinar matahari pagi. Selain itu, vitamin ini juga bisa diperoleh dari makanan yaitu ikan berlemak sehat (ikan salmon, tuna, dan tenggiri), hati sapi, daging merah, kuning telur, susu, dan lain sebagainya

5. Vitamin E

Vitamin E atau alfa tokoferol merupakan jenis vitamin yang memiliki efek antioksidan, sehingga bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E diketahui dapat mengurangi nyeri akibat osteoporosis dan meminimalkan risiko terjadinya berbagai kondisi medis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

Vitamin ini juga dapat membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah, mengoptimalkan penggunaan vitamin K, dan menjaga kesehatan kulit, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin E adalah minyak nabati, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, pepaya, mangga, dan telur.

6. Vitamin K

Seseorang yang kekurangan vitamin K dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan perdarahan, perdarahan pada kulit, hidung, dan saluran pencernaan, mudah memar, serta munculnya gumpalan darah di bawah kuku.

Vitamin K merupakan jenis vitamin larut lemak yang berfungsi untuk mengaktifkan protein dan kalsium, yang mana dua senyawa itu mempunyai peran penting dalam proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang serta jantung.

Vitamin ini dapat ditemukan pada sayuran hijau, dan yang dalam makanan fermentasi dan produk hewani.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi juga penting agar penyerapan vitamin sempurna, selain melalui makanan, vitamin juga bisa didapat dari suplemen. Namun, saat mengkonsumsi suplemen perlu dibatasi penggunaannya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #kenali #jenis #vitamin #khasiatnya #untuk #daya #tahan #tubuh #penting #dikonsumsi #setiap #hari

KOMENTAR