Ketahui Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Keju Kambing Untuk Kesehatan Tubuh
ilustrasi keju kambing. Sumber foto: Freepik
15:36
10 Januari 2024

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Keju Kambing Untuk Kesehatan Tubuh

Keju adalah salah satu produk susu paling bergizi dan menjadi makanan lezat yang bisa dikonsumsi secara langsung maupun sebagai topping.

Adapun keju berbahan dasar susu hewan yang digumpalkan meliputi susu sapi, unta, domba, kuda, kerbau, dan kambing.

Khusus keju kambing atau dikenal chevre, memiliki rasa yang lebih lembut dan tajam dibandingkan keju sapi.

Ia juga memiliki lebih sedikit laktosa, vitamin D, dan riboflavin, dan biasanya sedikit lebih tinggi lemak dan mineral.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Rabu (10/1), ahli gizi Eti Jain mengatakan terdapat manfaat mengonsumsi keju kambing setiap hari, berupa:

1. Kaya nutrisi: Mengandung nutrisi penting termasuk protein berkualitas tinggi, kalsium, dan fosfor sebagai pembangkit tenaga nutrisi.

2. Membantu penurunan berat badan: Dengan kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah dibandingkan keju sapi tradisional, keju kambing menjadi pilihan ideal untuk mengatur berat badan.

3. Mendukung kesehatan tulang: Kandungan vitamin B yang kaya mendukung metabolisme energi dan kadar kalsium tinggi berkontribusi pada kesehatan.

Ini juga merupakan sumber yang kaya akan selenium, magnesium, dan niasin (Vitamin B3) memberikan 6 gram protein penting untuk kesehatan tulang.

4. Baik untuk kesehatan secara keseluruhan: Kehadiran senyawa bioaktif meningkatkan nilai gizinya.

Selain rasanya yang lezat, keju kambing juga merupakan salah satu nutrisi terbaik. Salah satu keunggulan keju ini terletak pada kesesuaiannya bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa.

Bagi mereka yang sensitif terhadap laktosa atau memiliki masalah pencernaan, ini adalah terobosan baru karena kandungan asam lemak rantai menengahnya yang lebih tinggi berguna untuk pencernaan.

“Dikemas dengan nutrisi seperti lemak, protein, kalsium, magnesium, dan potasium, ia melawan peradangan dan menawarkan lemak sehat. Kandungan nutrisinya bervariasi berdasarkan metode pengolahannya,” kata Jain.

Dalam porsi satu ons, keju kambing memiliki Kalori 102; Protein 6 gram; Lemak 8 gram; Vitamin A 8 persen; Riboflavin (Vitamin B2) 11 persen; Kalsium 8 persen; Fosfor 10 persen; Tembaga 8 persen, dan Besi 3 persen.

Meski keju kambing umumnya aman dikonsumsi, beberapa orang mungkin mengalami kembung atau ketidaknyamanan pencernaan ringan jika memakannya secara berlebihan.

Penting untuk diperhatikan bahwa susu ini mengandung protein A2 betakasein yang mungkin menimbulkan alergi dibandingkan protein A1 dalam susu sapi.

Memantau respons tubuh dan mengkonsumsinya dalam jumlah sedang bisa mengurangi potensi efek samping.

Di sisi lain, berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli gizi sangat disarankan terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan atau pembatasan pola makan.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #ketahui #manfaat #efek #samping #konsumsi #keju #kambing #untuk #kesehatan #tubuh

KOMENTAR