5 Jenis Ikan Mengandung Vitamin D, Tingkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi Agar Tetap Kuat
Ilustrasi ikan yang mengandung vitamin D (freepik.com).
21:39
31 Januari 2024

5 Jenis Ikan Mengandung Vitamin D, Tingkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi Agar Tetap Kuat

 

Ingin asupan vitamin D secara alami? Salah satu cara terbaik dengan memilih beberapa jenis ikan ke dalam menu makanan. 

Biasanya, vitamin D dikenal sebagai vitamin matahari yang penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, fungsi otak yang optimal, hingga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, vitamin D di dalam beberapa jenis ikan, dapat membantu menjaga kesehatan jantung, hingga menjaga mood dan mental.

Oleh karena itu, penting mengonsumsi beberapa jenis ikan yang mengandung vitamin D untuk mengoptimalkan manfaat yang terkandung. 

Jenis-Jenis Ikan Mengandung Vitamin D

Dilansir dari Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang populer akan vitamin D yang terkandung di dalamnya. Salmon yang besar di alam dengan dibudidayakan dapat memengaruhi kandungan vitamin D di dalamnya.

Rata-rata, salmon yang ditangkap liar memiliki kandungan vitamin D yang lebih banyak. Jumlah vitamin D akan bervariasi tergantung pada lokasi salmon ditangkap serta waktu dalam setahun. 

  1. Ikan Haring 

Ikan haring merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi di hampir seluruh dunia. Ikan ini biasa diasapi atau diolah menjadi ikan asin.

Ternyata, jenis ikan yang satu ini merupakan sumber vitamin D. selain itu, ikan haring juga mengandung natrium dengan jumlah yang tinggi, sehingga bukan pilihan yang bagus untuk menurunkan asupan garam dalam tubuh. 

  1. Ikan Sarden 

Ikan jenis ini juga merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan vitamin D, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. 

Vitamin D memiliki peran dalam penyerapan kalsium dan fosfor, yang merupakan kandungan mineral penting untuk kesehatan gigi dan tulang.  

  1. Cod Liver Oil

Minyak hati ikan kod adalah suplemen yang populer dan cocok untuk pemenuhan vitamin D untuk orang yang tidak suka memakan ikan. 

Ini merupakan sumber vitamin D yang baik, sehingga dapat digunakan untuk pengobatan bertahun tahun bagi yang mengalami kekurangan vitamin D.

Selain itu, minyak hati ikan kod juga kaya asam lemak omega-3, yang memiliki peran untuk menyehatkan jantung serta peradangan di dalam tubuh. 

  1. Ikan Tuna

Selain vitamin D, ikan tuna juga mengandung omega-3, serta mengandung berbagai macam nutrisi penting yang diperlukan tubuh, seperti kalsium, kalium, kolin, seng, vitamin B, dan fosfor.

Oleh karena itu, ikan tuna dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko demensia, hingga kontrol gula darah. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dengan salah satunya mencukupi kebutuhan asupan vitamin D melalui beberapa jenis ikan tersebut, yang dapat dikreasikan melalui menu makanan yang disukai. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jenis #ikan #mengandung #vitamin #tingkatkan #kesehatan #tulang #gigi #agar #tetap #kuat

KOMENTAR