Simak Bahaya Mie Instan Bagi Tubuh, Berikut Penjelasan dari National Nutrition Council
Bahaya Mie Instan Bagi Tubuh, Berikut Penjelasan Dari National Nutrition Council.(sixth tone)
16:29
27 Januari 2024

Simak Bahaya Mie Instan Bagi Tubuh, Berikut Penjelasan dari National Nutrition Council

Mie instan amat digemari oleh masyarakat, selain praktis dan simpel mie instan juga mudah dalam penyajiannya. Bagi kebanyakan orang mie instan makanan yang dianggap mudah setelah roti.

Tak heran jika mie instan banyak digemari di beberapa negara. Menurut Asosiasi Mie Instan Dunia pada tahun 2015, Tiongkok, Indonesia, dan Jepang adalah pengguna mie instan terbesar di dunia.

Salah satu aspek yang paling menarik dari mie instan adalah produk dengan harga murah dan rendah kalori seperti Pot Noodle (merk mie dari Inggris), yang hanya memiliki 142 kalori per 100g.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mie murah yang kita makan setiap hari di tempat kerja, di rumah, atau bahkan bersama anak-anak kita sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menurut National Nutrition Council bahaya mie instan bagi tubuh salah satunya penumpukan senyawa berbahaya di dalam tubuh. Sehingga akan mengganggu metabolisme tubuh jika mengkonsumsi mie setiap hari.

Pewarna makanan, bahan kimia adiktif, dan pengawet merupakan beberapa zat yang terdapat pada mie. Hal ini akan mengakibatkan penambahan atau pengurangan berat badan, dan masalah pencernaan di tubuh Anda.

Dibandingkan dengan makanan kebanyakan, mie merupakan makanan yang paling lama dicerna sehingga menyebabkan masalah pencernaan.

Bahkan dua jam setelah makan mie, bahan-bahannya masih membuat usus Anda tetap berfungsi dan menimbulkan banyak efek samping.

Perut Anda terpapar bahan pengawet berbahaya tersier-butyl hydroquinone (TBHQ) dan zat adiktif lainnya dalam waktu lama selama proses pencernaan.

Pertama-tama, hal ini mungkin membebani sistem pencernaan Anda, yang terpaksa bekerja berjam-jam untuk memecah makanan. Makanan yang berada di saluran pencernaan dalam waktu lama akan berdampak pada penyerapan nutrisi.

Bedanya dengan mie memiliki kandungan gizi yang rendah sehingga dapat merugikan. Seperti sakit perut, mulas, kembung, sembelit, dan diare merupakan gejala gangguan pada sistem pencernaan.

Jika Anda terlalu sering makan mie, tubuh Anda akan kekurangan nutrisi. Saat tubuh kekurangan gizi, tubuh mulai mengalami gejala seperti pusing, gelisah, letih, dan lemas.

Ingatlah bahwa tubuh kita membutuhkan lebih dari sekedar mie untuk menjaga kita tetap menjalani rutinitas sehari-hari. Artinya, Anda harus mengonsumsi makanan tinggi protein, kalsium, gula, vitamin A, C, E, B, dan nutrisi lainnya.

Mie memiliki kadar nutrisi yang sangat rendah, dan ada pula yang tidak mengandung nutrisi sama sekali. Ini adalah berita buruk bagi mereka yang makan mie setiap hari.

Kandungan natrium dalam satu porsi mie instan adalah 861 mg, dan kandungan natrium dalam satu kotak penuh menjadi dua kali lipat.

Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan kerusakan ginjal. Dampak negatif makan mie cepat saji seperti peningkatan tekanan darah dan gangguan kardiovaskular juga menjadi dampak negatifnya.

Alangkah baiknya untuk mengurangi makan mie instan. Jika Anda mengkonsumsinya sebaiknya dicampur dengan makanan bergizi, seperti sayuran berprotein tinggi.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #simak #bahaya #instan #bagi #tubuh #berikut #penjelasan #dari #national #nutrition #council

KOMENTAR