Terganggu dengan Panu? Berikut Cara Mengatasi Rasa Gatal dan Bersisik pada Kulit
Penderita panu mengalami bercak kulit yang berubah warna di wajah, punggung, bahu, atau perut. (sumber: freepik / pch.vector)
10:51
27 Januari 2024

Terganggu dengan Panu? Berikut Cara Mengatasi Rasa Gatal dan Bersisik pada Kulit

 

 - Panu atau bisa disebut juga Tinea versikolor adalah infeksi jamur umum yang mengakibatkan perubahan warna pada kulit.

Seseorang yang terkena panu mengalami bercak putih, kuning, merah, merah muda, atau coklat, disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur yang biasanya ada di kulit.

Faktor seperti suhu tinggi, kelembapan, dan paparan sinar matahari dapat memperburuk kondisi panu. Meskipun tidak berbahaya atau menular, panu dapat menyebabkan sedikit rasa gatal.

Seperti diketahui, panu umumnya ditemukan di daerah seperti bahu, punggung, dan bagian atas dada.

Penanganan medis untuk panu salah satunya penggunaan obat antijamur topikal atau obat oral oleh penyedia layanan kesehatan.

Siapa saja yang bisa terkena panu?

Tinea versicolor merupakan masalah umum yang memengaruhi banyak orang di seluruh dunia, meskipun belum jelas mengapa pertumbuhan jamur berlebihan terjadi pada kulit beberapa individu sementara tidak pada yang lainnya.

Orang yang tinggal di daerah tropis atau subtropis memiliki risiko tertinggi untuk mengalami kondisi ini, terutama selama bulan-bulan musim panas di wilayah beriklim sedang dan sekitar masa pubertas ketika aktivitas kelenjar minyak kulit meningkat.



Ada juga kemungkinan risiko lebih tinggi terjadi pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti yang terjadi pada pengguna obat tertentu, misalnya kortikosteroid, atau pada mereka dengan kondisi medis seperti diabetes.

Selain itu, orang yang sedang hamil juga lebih rentan terhadap tinea versicolor karena perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan.

Gejala dan penyebab

Menurut Cleveland Clinic, Sabtu (27/1), panu hanya menimbulkan gejala ringan. Berikut termasuk gejalanya:

1. Perubahan warna kulit, biasanya di punggung, dada, dan perut.
2. Gatal pada atau sekitar area kulit yang terkena panu.
3. Keringat berlebihan
4. Bercak kulit yang tidak menjadi gelap atau kecoklatan di bawah sinar matahari

Sedangkan itu, beberapa hal yang dapat memicu pertumbuhan jamur pada kulit adalah:

1. Perubahan hormonal
2. Sistem kekebalan tubuh melemah
3. Cuaca panas dan lembab
4. Berkeringat
5. Kulit berminyak

Cara mencegah dan mengatasi panu

Apabila Anda memiliki riwayat panu, dokter atau penyedia layanan kesehatan seperti apoteker mungkin menyarankan penggunaan sabun yang mengandung zinc pyrithione, seperti Vanicream™ Z-Bar atau DermaZinc™ Zinc Therapy Soap, ketoconazole seperti Nizoral®, atau selenium sulfide seperti Selsun Blue®.

Jenis sabun ini dapat membantu mencegah kemungkinan infeksi ke depannya dan pertumbuhan jamur yang berlebihan pada kulit.

Selain itu, dokter mungkin juga merekomendasikan penggunaan obat resep khususnya selama bulan-bulan musim panas, di mana risiko kambuhnya panu cenderung lebih tinggi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #terganggu #dengan #panu #berikut #cara #mengatasi #rasa #gatal #bersisik #pada #kulit

KOMENTAR