Mengungkap Rahasia Kesehatan di Balik Konsumsi Rutin Buah Kurma
Gambar buah kurma (Web Larissa Aesthetic Center)
23:24
25 Januari 2024

Mengungkap Rahasia Kesehatan di Balik Konsumsi Rutin Buah Kurma

– Siapa sangka, dibalik kelezatan buah kurma, tidak hanya menjadi kenikmatan bagi lidah. Banyak manfaat yang terkandung dalam kurma untuk kesehatan kita.

Kurma adalah tanaman buah tertua yang ditanam di daerah kering. Tumbuhan kurma banyak dijumpai di Timur Tengah. Kurma banyak dikonsumsi saat berbuka puasa.

Kurma mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mencegah banyak penyakit. Kurma juga mengandung berbagai zat gizi, mulai dari serat, besi, kalium, dan potassium.

Potassium dan kalium bermanfaat untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, dan dapat mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas.

Di dalam kurma juga terdapat fruktosa dan glukosa yang dapat menjadi sumber energi instan untuk tubuh manusia, dikutip dari beberapa sumber, berikut ini merupakan penjelasan mengenai kandungan dan khasiat buah kurma.

Kandungan Buah Kurma

Dalam 100 gram kurma mengandung 280 kalori dan beberapa nutrisi antara lain:

- Karbohidrat 75 gram

- Gula 65 gram

- Protein 7 – 8 gram

- Kalsium, 65 mg

- Zat besi 1 mg

- Zinc 0,5 mg

- Kalium 650 ml

- Vitamin A 150 IU

Selain itu ada beberapa nutrisi lain yang terkandung dalam buah kurma yaitu asam folat, vitamin B, vitamin K, beberapa jenis antioksidan (flavonoid, karoten, fenolik, dan lutein), kalori, lemak, serat, magnesium, dan potasium.

Khasiat Buah Kurma untuk Kesehatan

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Kalori dalam kurma Sebagian besar terdapat dari karbohidrat. Kurma juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K, serta kalsium, zat besi, dan kalium yang dibutuhkan tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan membuat Gerakan usus besar lebih teratur.

3. Membantu Kesehatan Jantung

Magnesium dan kalium dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Kedua zat tersebut dapat menjaga tekanan darah untuk selalu normal.

Selain itu adanya serat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat [ada tubuh yang menjadi pemicu penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Zat gizi berupa selenium, tembaga, mangan, dan magnesium dalam kurma dapat menjaga kesehatan tulang sehingga berpotensi menurunkan risiko osteoporosis.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam kurma dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga tidak mudah lelah dan pucat karena anemia.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Vitamin A dalam kurma dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko gangguan mata. Selain itu, kesehatan kulit bisa terjaga dan membuat kulit menjadi lebih halus dan elastis dengan adanya kandungan zat asam pantotenat.

7. Mencegah Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan dari kurma dapat menghindarkan dari beberapa penyakit kronis.

8. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Kurma memiliki rasa yang manis dengan kadar gula yang tinggi, tetapi buah kurma memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara cepat.

Kandungan antioksidan dalam kurma juga dapat menstabilkan kadar gula darah normal dan mencegah resistensi insulin sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

9. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Kandungan antioksidan berupa polifenol dalam kurma dapat melindungi tubuh dari radang.

10. Menjadi Menu Tambahan dalam Diet

Kurma dapat menjadi menu tambahan dalam diet karena kadar kalorinya yang cukup tinggi.

Kurma dapat dikombinasikan dengan makanan sehat lain seperti kacang almond, keju, oatmeal yang dikonsumsi pada saat diet.

11. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Kurma memiliki kadar potasium yang tinggi dan menjadi satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

12. Meningkatkan Kesuburan

Kesuburan pada wanita maupun pria dapat dibantu dengan banyak mengkonsumsi kurma yang memiliki kandungan asam amino dan seng.

13. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam kurma dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan berfungsi melindungi sel dan jaringan tubuh dari stress dan peradangan kronis serta meningkatkan risiko dari kanker.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #mengungkap #rahasia #kesehatan #balik #konsumsi #rutin #buah #kurma

KOMENTAR