6 Makanan dan Minuman yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengeluarkan Nikotin dari Dalam Tubuh, Apa Saja?
Ilustrasi nikotin yang ada pada tembakau. (Sumber foto: podsalt)
08:27
29 September 2024

6 Makanan dan Minuman yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengeluarkan Nikotin dari Dalam Tubuh, Apa Saja?

- Nikotin merupakan senyawa alkaloid yang dijadikan bahan baku dalam pembuatan rokok. Melansir Alodokter, kandungan tersebut dapat menimbulkan kecanduan dan sulit untuk menghindarinya.

Tidak hanya terdapat di rokok biasa, nikotin juga berada di rokok elektrik. Bahkan, zat ini juga bisa masuk ke dalam otak dalam hitungan detik.

Sebenarnya, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa mengeluarkan nikotin dari dalam tubuh. Melalui artikel ini akan memberikan info tersebut, sebagaimana dilansir Lybrate.

1. Air
Saat merokok, kandungan nikotinnya dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah air agar Anda terhidrasi dan membantu tubuh mengeluarkan zat tersebut.

2. Sayuran
Makan banyak sayuran dapat mengurangi ketergantungan nikotin. Anda dapat memilih seledri bersama dengan sayuran seperti zukini, terong, dan mentimun. Disarankan jangan makan banyak sayuran manis yang mengandung gula. Hal itu dikarenakan jumlah glukosa yang berlebihan dapat mengaktifkan area dalam otak yang bertanggung jawab atas rasa senang dan puas.

3. Jeruk
Vitamin C dapat berkurang saat merokok. Makan jeruk yang mengandung vitamin C dapat menggantikannya. Selain itu, mengonsumsinya bisa meningkatkan metabolisme tubuh untuk membersihkan nikotin lebih cepat.

4. Kiwi
Selain vitamin C, ada vitamin A, dan E yang berkurang karena merokok. Mengonsumsi buah kiwi akan membantu menghilangkan nikotin dari tubuh.

5. Jus wortel
Kulit menjadi rusak karena nikotin dan minum jus wortel akan membantu mencerahkan kulit. Selain itu, wortel yang mengandung vitamin A, B, C, dan K dapat membantu menghilangkan nikotin dari dalam tubuh.

6. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin C dan B5 yang membantu metabolisme tubuh tetap tinggi. Sayuran ini juga dapat melindungi paru-paru dari kerusakan akibat racun.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #makanan #minuman #yang #perlu #dikonsumsi #untuk #mengeluarkan #nikotin #dari #dalam #tubuh #saja

KOMENTAR