Dokter Ungkap Saat Ini Penyakit Jantung dan Stroke Sudah Menjangkiti Anak Muda, Ada yang Usia 27 Tahun
Ilustrasi Seseorang Sedang Sakit Kepala, Salah satu gejala Stroke (Freepik)
13:35
27 September 2024

Dokter Ungkap Saat Ini Penyakit Jantung dan Stroke Sudah Menjangkiti Anak Muda, Ada yang Usia 27 Tahun

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia. Dulu, penyakit ini banyak menghinggapi orang lansia, namun seiring berkembangnya teknologi, justru banyak anak muda yang terkena penyakit jantung. 

"Jadi sekarang penyakit jantung bukan milik orang tua ya, sudah merambah ke usia muda. Kenapa ya? Karena modernisasi," ujar Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospital dr. Antonia Anna. Sp.JP kepada wartawan, Jumat (27/9).   Modernisasi yang dimaksud adalah mulai dari gaya hidup dan pola makan. Dengan teknologi terkini, banyak makanan kemasan yang dikonsumsi anak muda kini.  

  "Jenis makanan yang tidak sehat makin lama makin banyak, dengan kemasan yang menarik, dan trennya memang menuju ke sasarannya ke usia muda," tuturnya.   Oleh karena itu, dr. Anna mengatakan bahwa keluarga atau orang tua sudah harus mulai memilah konsumsi yang akan dimakan anak-anak.   "Jadi alangkah baiknya di keluarga itu dari orang tuanya mungkin ya, sudah membiasakan hidup sehat, makan sehat," jelasnya.  

  Menurut dr. Anna, saat ini penyakit jantung bahkan stroke sudah mulai menjangkiti anak muda sejak usia 27-35 tahunan.    Faktor risiko penyakit jantung berdasarkan usia juga, kata dr. Anna saat ini memang sudah mengalami perubahan.   "Dulu kan kalau laki-laki di atas 45 tahun, lama-lama bergeser, sekarang sudah mulai ke 35 tahun. Kalau perempuan dulu kan mulai sesudah menopause, tapi sekarang sudah mulai geser ke lebih muda," pungkasnya. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #dokter #ungkap #saat #penyakit #jantung #stroke #sudah #menjangkiti #anak #muda #yang #usia #tahun

KOMENTAR