Begini Cara Cek Kadar Asam Urat dalam Tubuh, Penderita Trypanophobia Wajib Baca Ini
Ilustrasi seorang perawat memegang sampel darah dalam tabung kecil. (Freepik/rawpixel.com)
00:38
20 September 2024

Begini Cara Cek Kadar Asam Urat dalam Tubuh, Penderita Trypanophobia Wajib Baca Ini

Pemeriksaan kadar asam urat merupakan prosedur uji laboratorium yang dilakukan seseorang untuk memeriksakan kadar asam uratnya.

Asam urat yang normal tidak akan menimbulkan gejala khusus bagi tubuh, sebaliknya apabila kadarnya melampaui batas normal maka penderita akan merasakan beberapa gejala, seperti nyeri sendi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat yang akhirnya menimbulkan beberapa gejala pada tubuh.

Untuk mengetahui kadar asam urat, kamu harus mengeceknya melalui uji laboratorium di fasilitas kesehatan, seperti klinik, puskesmas, atau rumah sakit.

Dilansir JawaPos.com dari laman siloamhospitals.com, pemeriksaan kadar asam urat sesuai jenis sampelnya dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Sampel urin

Jenis prosedur ini dilakukan dengan cara menguji kadar asam urat pada sampel urin pasien.

Sebelum pemeriksaan, dianjurkan untuk mengkonsumsi air yang cukup serta menghindari minuman beralkohol selama 24 jam sebelum prosedur dilaksanakan.

Langkah-langkah:

Dianjurkan buang air kecil setelah bangun tidur serta catat waktunya

Tampung urin yang keluar setiap kali kencing selama 24 jam ke dalam tabung-tabung kecil bertutup yang berbeda sesuai waktu buang air kecil

Sampel disimpan ke dalam kulkas sebelum dibawa ke laboratorium.

2. Sampel darah

Sedangkan untuk pengambilan sampel ini, pasien diwajibkan berpuasa selama 8 jam sebelum pemeriksaan berlangsung.

Prosedur dilakukan dengan cara mengambil darah dari pembuluh darah vena di sekitar lipatan lengan dengan menggunakan jarum suntik steril.

Secara umum, kadar asam urat pada perempuan dewasa berkisar dari 1,5 sampai 6,0 mg/dL, sedangkan untuk pria dewasa 2,5 hingga 7,0 mg/dL

Kedua jenis pemeriksaan tersebut aman dilakukan, namun jika kamu takut dengan jarum suntik (trypanophobia), prosedur melalui sampel urin bisa menjadi solusi.

Dilansir dari laman halodoc.com, trypanophobia adalah kondisi dimana seseorang memiliki rasa ketakutan berlebih terhadap jarum suntik, baik itu saat akan disuntik, maupun ketika pengambilan darah.

Berikut beberapa faktor penyebab seseorang mengidap fobia jarum suntik, yaitu:

Memiliki riwayat keluarga pengidap kondisi yang sama

Trauma akibat kejadian tertentu

Adanya perubahan senyawa kimia di otak

Memiliki fobia masa kecil yang muncul saat seseorang menginjak usia 10 tahun

Jika kadar asam urat melebihi batas normal, akan memberikan efek tidak nyaman bagi tubuh. Baik itu berupa nyeri sendi, maupun kemerahan dan sensasi panas di area yang sakit.

Sebaiknya cek kadar asam urat sebelum memiliki gejala, sehingga kita dapat tahu apa saja yang perlu dihindari dan baik untuk dikonsumsi.

Penting juga bagi kita untuk menjaga pola makan, hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dalam jumlah banyak.

Pastikan juga disertai dengan melakukan olahraga rutin setiap hari, atau bisa dengan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit perhari.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #begini #cara #kadar #asam #urat #dalam #tubuh #penderita #trypanophobia #wajib #baca

KOMENTAR