Gak Cuma Bikin Gurih Makanan, Simak Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan, Ada Kandungan Kolagen
Kaldu tulang yang dibuat dalam pembuatan sop. (Pexels/Duong Quach Tung)
11:39
14 September 2024

Gak Cuma Bikin Gurih Makanan, Simak Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan, Ada Kandungan Kolagen

 

 - Tren kaldu tulang ini cukup populer di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Tidak seperti makanan yang viral lalu menurun popularitasnya, kaldu tulang selalu menjadi pilihan makanan untuk masakan Asia.

Kaldu tulang, dinilai tidak hanya lezat, tetapi juga serbaguna. Kaldu ini bisa ditambahkan ke dalam kuah sup lalu dinikmati bersama nasi hangat. Seperti namanya, kaldu tulang terbuat dari rebusan tulang hewan dan bahan tambahan lain hingga menyerap pada sumsum dan nutrisi lainnya.

Kaldu tulang yang gurih bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti pembuatan sup yang berisi tomat, bawang putih, atau sayuran lain yang membuat cita rasa menjadi lebih enak.

Kaldu tulang ini mengandung sejumlah mineral atau nutrisi yang baik untuk tubuh. Misalnya kolagen yang merupakan protein penting yang biasa ditemukan dalam tulang hewan. Dilansir dari clevelandclinic, ada berbagai manfaat yang didapat dari kaldu tulang ini, sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kesehatan usus

Kaldu tulang dapat membantu menyembuhkan usus dan memiliki khasiat yang membuat terbebas dari diare. Seiring waktu, lapisan saluran gastrointestinal (GI) akan menipis. Peningkatan produksi kolagen telah terbukti dapat membantu pemulihan tersebut.

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan fakta bahwa sifat anti-inflamasi pada kaldu tulang dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada usus akibat kolitis ulseratif.

2. Mengurangi nyeri sendi

Seiring bertambahnya usia, sendi akan kehilangan elastisitasnya yang mengakibatkan beberapa penyakit seperti osteoartritis. Peningkatan kolagen yang terdapat dalam kaldu tulang dapat menjadi salah satu protein Utama yang dapat mengurangi nyeri sendi.

Kolagen akan melindungi tendon dan ligamen pada persendian tubuh. Saat kaldu dimasak, kolagen hewan akan terurai untuk menghasilkan gelatin. Kaldu ini mengandung asam amino yang dapat mendukung Kesehatan sendi.

3. Menjaga tulang dan otot

Kolagen merupakan salah satu komponen utama untuk tulang dan otot. Kehilangan kolagen akan membuat tulang dan otot melemah yang meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis dan sarkopenia. Kaldu tulang kaya dengan kolagen dan sumber asam amino yang baik.

Kolagen yang terdapat di kaldu tulang ini akan membantu membangun jaringan, otot, dan tulang. Elektrolit seperti kalsium, kalium, natrium, dan magnesium yang juga terdapat dalam kaldu tulang akan membantu mengatur fungsi saraf dan otot sehingga mencegah kram.

4. Mengurangi stress

Kolagen yang mengandung asam amino disebut dengan glisin. Asam amino ini dapat menghambat stress, meningkatkan kejernihan mental, dan meningkatkan kualitas tidur. Tak hanya itu, kuah hangat ini juga bersifat menenangkan untuk dinikmati setelah melewati hari yang berat.

5. Bagus untuk kulit

Kolagen telah lama disebut sebagai bahan alami yang dapat memperkuat elastisitas kulit. Ini dapat terlihat dari berbagai produk perawatan kulit yang mempromosikan kandungan ini dalam produknya.

Kolagen dapat mengurangi penuaan seperti kerutan dan kulit berkeriput. Namun, belum ada penelitian yang cukup untuk hal ini.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cuma #bikin #gurih #makanan #simak #manfaat #kaldu #tulang #untuk #kesehatan #kandungan #kolagen

KOMENTAR