Penderita Diabetes Wajib Pahami Dua Aspek Penting Sebelum Coba Pengobatan Herbal
obat-obatan herbal./Freepik.
09:06
21 Januari 2024

Penderita Diabetes Wajib Pahami Dua Aspek Penting Sebelum Coba Pengobatan Herbal

Pengobatan herbal merupakan pendekatan medis yang menggunakan bahan-bahan alami untuk melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit, salah satunya yakni diabetes.

Dilansir dari ANTARA, para penderita diabetes perlu untuk memahami dua aspek penting sebelum mencoba pengobatan herbal.

Dr. dr Tri Juli Edi Tarigan, SpPD-KEMD selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) mengungkapkan bahwa hal pertama yang harus dipahami yakni terjaminnya keamanan melalui uji studi yang dilakukan terhadap pengobatan herbal itu sendiri.

"Pertama, yang penting dari pengobatan herbal itu ada studi dan bukti bahwa itu aman dan efektif untuk pengobatan," kata dokter Tri Juli dalam diskusi daring yang diikuti, pada Sabtu (20/1).

Ia menjelaskan bahwa hal penting bagi pasien untuk melakukan riset mendalam terkait bahan herbal yang ingin digunakan.

Selain itu, untuk menunjukkan tingkat akurasi pengobatan herbal tersebut, akan lebih efektif ketika didukung oleh penelitian ilmiah yang telah diuji oleh para ahli.

Dokter Tri Juli juga menambahkan bahwa sebelum mengambil keputusan, perlu bagi pasien untuk mempertimbangkan kembali terkait pilihan pengobatan herbal, terutama jika belum didukung oleh penelitian ilmiah dan masih bergantung pada testimoni atau pengalaman pribadi seseorang.

"Cari bukti-bukti bahwa pengobatan tersebut memang bermanfaat, jangan berdasarkan testimoni seseorang dan dijadikan dasar untuk mengadopsinya karena metode pengobatan yang tepat itu harus melalui penelitian yang baik,"ujarnya.

Selain itu, hal kedua yakni dianjurkan untuk tetap mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter agar menjaga kondisi gula darah tetap dalam keadaan stabil.

Pasalnya menghentikan penggunaan obat diabetes yang telah disesuaikan oleh dokter dapat menjadi tindakan berisiko, karena obat tersebut telah disesuaikan khusus sesuai dengan kebutuhan tubuh pasien.

"Pengobatan herbalnya boleh dijalankan asal obat yang biasa digunakan jangan disetop," tegas dokter Tri.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #penderita #diabetes #wajib #pahami #aspek #penting #sebelum #coba #pengobatan #herbal

KOMENTAR