Aktivitas Konstruksi di IKN Saat HUT ke-79 RI Ditiadakan, Pekerja Proyek Tidak Dipulangkan
Salah satu kawasan di Ibu Kota Nusantara yang tengah dibangun. Sebagai ilustrasi pekerjaan konstruksi pembangunan IKN [Istimewa].
08:59
6 Juli 2024

Aktivitas Konstruksi di IKN Saat HUT ke-79 RI Ditiadakan, Pekerja Proyek Tidak Dipulangkan

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia akan berlangsung di dua tempat atau berlangsung secara hybrid. Yaitu di ibu kota negara saat ini, Jakarta, serta di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) sebagai lokasi baru pusat pemerintahan.

Untuk perayaan HUT ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024, menjadi upacara transisi untuk mengucapkan selamat datang kepada ibu kota baru, Nusantara. Berlokasi di Kecamatan Paser Penajam Utara, Kalimantan Timur.

Dikutip dari kantor berita Antara, upacara hybrid ini untuk mengingat peran penting Jakarta sebagai ibu kota sebelumnya dalam proses pembangunan dan pemajuan Indonesia. Kemudian, setelah pelaksanaan HUT Ke-79 RI pemerintah berencana merealisasikan upacara kemerdekaan secara penuh di IKN mulai 2025.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN menyatakan bahwa pekerjaan konstruksi di IKN akan dihentikan sementara menjelang upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

Baca Juga: Jelang HUT ke-79 RI, Bisnis Akomodasi Kota Terdekat IKN Berpotensi Panen Cuan

"Kami estimasi seminggu sebelum upacara (17 Agustus) sudah tidak ada aktivitas walau pun ada beberapa pekerjaan minor. Untuk pekerjaan yang mobilisasi, truk dan sebagainya, Insya Allah pada 10 Agustus sudah kami hentikan," jelas Danis Hidayat Sumadilaga, Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Jakarta, pada Jumat (5/7/2024).

Meski pun aktivitas pekerjaan ditiadakan, para pekerja proyek tidak akan dipulangkan dan Kementerian PUPR akan memberikan aktivitas lain kepada mereka. Antara lain seperti pelatihan sertifikasi.

Sedangkan untuk para pekerja yang bersifat tenaga administrasi mau pun yang aktif di kantor tetap bekerja seperti biasa, mengingat waktu penghentian pekerjaan konstruksi diproyeksikan hanya enam hari sampai Upacara 17 Agustus 2024 di IKN selesai.

"Ada yang tetap di situ, kemudian kami akan manfaatkan. Kalau yang bekerja di dalam ruangan tidak apa-apa, seperti di kantor atau office. Kalau yang harus di luar ruangan kami akan adakan acara sendiri seperti olah raga, semacam pelatihan sertifikasi, akan kami manfaatkan supaya tidak diam. Karena cuma beberapa hari ya, enam hari," tutup Danis Hidayat Sumadilaga.

Baca Juga: Uji Taksi Terbang di IKN Berlaku Safety Assessment, Apakah Itu?

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #aktivitas #konstruksi #saat #ditiadakan #pekerja #proyek #tidak #dipulangkan

KOMENTAR