Jelang HUT ke-79 RI, Bisnis Akomodasi Kota Terdekat IKN Berpotensi Panen Cuan
Memorial Park di IKN dengan desain cangkang telur, akan difungsikan dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Sebagai ilustrasi [Dokumentasi]
17:30
3 Juli 2024

Jelang HUT ke-79 RI, Bisnis Akomodasi Kota Terdekat IKN Berpotensi Panen Cuan

Tahun ini, Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia berlangsung secara hybrid. Yaitu di Istana Negara Jakarta, serta Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo Subianto serta para menteri Kabinet Indonesia Maju akan menghadiri upacara di IKN. Sedangkan Wakil Presiden Maruf Amin serta Gibran Rakabuming Raka berada di Jakarta.

Masyarakat Indonesia akan berada di tempat bermukim masing-masing untuk merasakan momentum peringatan bersejarah ini. Bisa pula berada di IKN karena ingin ikut menjadi saksi bersejarah perjalanan perpindahan ibu kota negara kita.

Dikutip kantor berita Antara dari media briefing daring, konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN bisa meningkatkan hunian hotel-hotel di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Uji Taksi Terbang di IKN Berlaku Safety Assessment, Apakah Itu?

"Tentu kalau semua dikerahkan untuk datang ke sana, tingkat hunian hotel di Balikpapan akan menjadi tinggi," jelas Ferry Salanto, Head of Research Colliers Indonesia di Jakarta, pada Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, tidak hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pejabat pemerintahan yang akan mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN. Juga para tamu VIP dan undangan dari kedutaan besar negara-negara sahabat yang akan diajak ke sana untuk melihat perkembangan pembangunan IKN.

"Ini akan menaikkan tingkat hunian hotel-hotel di Balikpapan," tukasnya.

Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Sehingga perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024 juga menjadi upacara selamat datang ibu kota baru.

Baca Juga: Nusantara Airport di IKN Siap Sambut Tamu-Tamu Negara Peringati HUT ke-79 RI

Otorita IKN (OIKN) menyatakan IKN beroperasi secara perdana pada 17 Agustus 2024 bertepatan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Nusantara, Kalimantan Timur.

Periode 2022-2024 adalah pemindahan tahap awal ke IKN Nusantara, melakukan pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR, dan perumahan, juga meliputi pemindahan ASN tahap awal.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #jelang #bisnis #akomodasi #kota #terdekat #berpotensi #panen #cuan

KOMENTAR