Listrik Telah Hadir di Desa Terpencil Manggarai Barat, Dukung Kegiatan Ekonomi Produktif
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam acara peresmian listrik di Desa Ngancar, Manggarai Barat, NTT, Rabu (15/5/2024) [ANTARA/HO-PLN NTT].
16:24
18 Mei 2024

Listrik Telah Hadir di Desa Terpencil Manggarai Barat, Dukung Kegiatan Ekonomi Produktif

Pada Rabu (15/5/2024), dalam acara peresmian listrik di Desa Ngancar, Manggarai Barat. Edistasius Endi, Bupati Manggarai Barat menyampaikan apresiasi upaya PT PLN (Persero) menghadirkan listrik hingga ke desa terpencil.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi, Bupati Manggarai Barat ini menyatakan masuknya listrik memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Di antaranya meningkatkan kualitas hidup dengan akses terhadap penerangan, peralatan elektronik, dan komunikasi, serta mendukung kegiatan ekonomi produktif, seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Selain itu akses terhadap listrik juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan penerangan yang memadai untuk belajar di malam hari.

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa semua desa di Kabupaten Manggarai Barat memiliki akses terhadap listrik yang terjangkau dan andal," sambut I Gede Agung Sindu Putra, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur untuk menghadirkan akses listrik ke desa terpencil. General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT menyatakan sebanyak 152 desa dari 169 desa di Kabupaten Manggarai Barat telah dialiri listrik PLN.

Kemudian dari 17 desa yang belum dialiri listrik, ada delapan desa berada dalam proses perluasan jaringan listrik dan sembilan desa direncanakan masuk dalam Roadmap 2025-2026.

I Gede Agung Sindu Putra menambahkan kolaborasi itu bagian dari komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong kemajuan ekonomi di pedesaan.

Ditambahkannya, listrik adalah kebutuhan dasar yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga ia menyadari pentingnya kolaborasi kedua belah pihak.

Edistasius Endi, Bupati Manggarai Barat mengimbau, meski pun listrik kini telah mengaliri desa terpencil di NTT, warga hendaknya bijak menggunakan energi ini.

"Orangtua harus menjaga anak-anak agar bijak dalam menonton atau mendapatkan informasi dari media elektronik," demikian pesan Bupati Manggarai Barat.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #listrik #telah #hadir #desa #terpencil #manggarai #barat #dukung #kegiatan #ekonomi #produktif

KOMENTAR