Strategi Produsen AC untuk Penuhi Permintaan di Indonesia, Termasuk Tingkatkan TKDN
Sebanyak 175 dealer dan teknisi melakukan kunjunganke pabrik baru Midea di Cikarang, Jawa Barat. (Dony)
07:54
24 Oktober 2024

Strategi Produsen AC untuk Penuhi Permintaan di Indonesia, Termasuk Tingkatkan TKDN

- Optimal kan sinergi dengan dealer, produsen peralatan elektronik Midea Electronics Indonesia, mengundang 175 dealer dan teknisi ke pabrik barunya di Cikarang, Jawa Barat.

Langkah strategi ini dilakukan untuk memperkuat kemitraan Midea yang kini tengah menggenjot produksi Air Conditioner (AC) untuk memenuhi permintaan pendingin ruangan di Indonesia.

"Kami sangat senang bisa mengundang rekan-rekan dealer dan asosiasi teknisi untuk hadir di Pabrik Midea. Kunjungan dealer ini merupakan pembuktian bahwa Midea dengan sangat serius hadir di Indonesia dan mendukung program TKDN pemerintah," ujar President Director Midea Electronics Indonesia Jack Ding dalam keterangannya, Kamis (24/10).

Pabrik baru dengan nilai investasi awal sebesar Rp 650 miliar diharapkan mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga di Indonesia. Ekspansi ini juga dilakukan untuk memperkuat brand positioning produk pendingin udara Midea menjadi AC Nomor 1 di Indonesia.

Pabrik yang resmi beroperasi secara bertahap sejak Juli 2024 ini ditargetkan bisa memproduksi pendingin ruangan sebanyak 400.000 unit pada akhir 2024, dan bertambah hingga 600.000 unit pada akhir 2025.

Midea juga berkomitmen dalam memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 25% untuk produknya. Target pemenuhan TKDN ini untuk mendukung program pemerintah yakni Bangga Buatan Indonesia sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022.

Agusdin Lung, Head of Sales Residential Air Conditioner Midea Electronics Indonesia, mengungkapkan tahap pertama kunjungan pabrik, pihaknya mengundang dealer dan teknisi AC yang tergabung dalam Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara Indonesia (ASISI) serta Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia (APITU).

"Kami mengajak dealer dan asosiasi teknisi menjadi kelompok pertama yang kami undang secara eksklusif untuk melihat proses produksi AC Midea secara langsung,” kata Agusdin dalam pernyataan resminya, Kamis (24/10).

Agusdin menambahkan kalau ini adalah bukti konkret kami untuk memenuhi permintaan AC di pasar Indonesia.

Mereka juga berkesempatan mendapatkan pemaparan tentang produk Midea serta fitur-fitur utamanya. Serta melihat sejarah dan perjalanan panjang Midea sebagai salah satu produsen elektronik kelas dunia beserta produk-produk unggulannya.

Selain itu para dealer dan teknisi melakukan tur pabrik untuk melihat proses produksi, termasuk berkunjung ke laboratorium dan warehouse. Jack juga memamerkan salah satu keunggulan pabrik adalah memiliki Noise Testing Room. Fasilitas ini berfungsi untuk mengukur desibel atau tingkat kebisingan AC indoor maupun outdoor.

"Kami sudah mulai memproduksi residential air conditioner secara bertahap sejak Juli 2024." ujar Agusdin Lung.

Pabrik di Indonesia sekaligus menambah pusat produksi AC Midea yang tersebar di seluruh dunia yang hingga kini berjumlah 36 pabrik.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #strategi #produsen #untuk #penuhi #permintaan #indonesia #termasuk #tingkatkan #tkdn

KOMENTAR