Beri Sumbangsih Nyata pada Transisi Energi, PLN Indonesia Power Borong 8 Penghargaan Subroto Award 2024
PLTU Lontar 4x315 MW berlokasi di Kabupaten Tangerang, Jawa Barat milik PLN Indonesia Power yang menjadi salah satu pemenang Subroto Award 2024 pada Kategori Kontribusi Pengurangan Emisi. (PLN)
01:09
17 Oktober 2024

Beri Sumbangsih Nyata pada Transisi Energi, PLN Indonesia Power Borong 8 Penghargaan Subroto Award 2024

- PT PLN Indonesia Power (PLN IP) terus mewujudkan kontribusi nyata dalam mendukung pengembangan sektor energi terbarukan dan upaya transisi energi di Indonesia. Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, sebagai Subholding PT PLN (Persero), PLN IP menjalankan berbagai program inovatif dan penerapan teknologi canggih dalam menekan emisi karbon di sektor kelistrikan guna mendukung transisi energi untuk mencapai target nol emisi (net zero emission/NZE) pada 2060.

"PLN Indonesia Power terus melakukan inovasi untuk mewujudkan komitmen percepatan transisi energi untuk mendukung pemerintah dalam mencapai target NZE pada 2060," sebut Edwin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (16/10).

Menurut dia, atas upaya yang telah dilakukan, PLN Indonesia Power meraih delapan penghargaan Subroto Award 2024, sebagai penghargaan tertinggi dari Kementerian ESDM. "Penghargaan ini adalah bukti komitmen kami untuk terus mendukung transisi energi dan inovasi di sektor energi baru terbarukan. PLN Indonesia Power bertekad untuk mengembangkan teknologi pembangkitan yang ramah lingkungan serta memperkuat penerapan energi terbarukan," ujar Edwin.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat menghadiri penyerahan penghargaan Subroto Award 2024, menyampaikan Kementerian ESDM telah mendorong inovasi dan berbagai inisiatif, yang membuat sektor energi Indonesia semakin maju. Selain itu, sektor tersebut sangat strategis serta memiliki potensi dan multiplier effect yang besar dalam perekonomian nasional.

"Nilai tambah di sektor ESDM ini sangat penting sekali, karena nilainya sangat besar, nilai tambah harus ada di dalam negeri, added value harus ada di dalam negeri," tegas Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan sama, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengungkapkan diperlukan inovasi energi baru terbarukan, pengembangan teknologi ramah lingkungan dan inisiatif energi hijau untuk memajukan energi terbarukan serta akselerasi transisi energi menuju NZE 2060. Ia pun menekankan sinergisitas dalam mempercepat pencapaian NZE, pengembangan energi terbarukan, dan efisiensi energi, harus menjadi prioritas utama.

"Kolaborasi di sektor energi sangat penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan dinamika geopolitik. Sinergi antara pemerintah dan sektor swasta diperlukan dalam inovasi energi baru terbarukan," jelas Bahlil.

Adapun penghargaan Subroto Award 2024 yang diraih PLN IP adalah kategori Keselamatan Keteknikan dan Perlindungan Lingkungan oleh PLTP Kamojang Unit 1-3, PLTA Saguling, PLTGU Tanjung Priok, dan PLTA Ir PM Noor.

Kategori Kontribusi Pengurangan Emisi diraih Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Banten 3 Lontar, UBP Grati. dan UBP Pelabuhan Ratu. Serta, kategori Pelaporan SMK2 Bidang Pembangkit diraih PLTGU Tambak Lorok

"Penghargaan Subroto 2024 tidak hanya menjadi pengakuan atas kontribusi perusahaan dalam sektor energi, tetapi juga mendorong PLN Indonesia Power untuk terus berinovasi dan memimpin dalam transisi energi menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, berkomitmen untuk menyediakan energi yang bersih, terjangkau, dan berkelanjutan," sebut Edwin.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #beri #sumbangsih #nyata #pada #transisi #energi #indonesia #power #borong #penghargaan #subroto #award #2024

KOMENTAR