Baru Berumur 25 Tahun, Anak Tommy Soeharto Kucurkan Rp1,2 Triliun Buat Lapangan Golf di Sentul
Sumber Kekayaan Darma Mangkuluhur Anak Tommy Soeharto (Instagram/@darmamh)
17:42
6 Pebruari 2024

Baru Berumur 25 Tahun, Anak Tommy Soeharto Kucurkan Rp1,2 Triliun Buat Lapangan Golf di Sentul

PT Intra GolfLink Resorts (IGR) perusahaan milik Darma Mangkuluhur Hutomo yang merupakan anak dari Tommy Soeharto bakal mengucurkan dana sekitar Rp1,2 triliun untuk membangun lapangan golf di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Komisaris IGR itu melihat ada peningkatan pemain golf yang datang ke tiga lapangan mereka, yaitu Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung.

Total round dari ketiga golf course IGR tersebut tercatat sebanyak 88.331 pegolf di tahun 2020. Pada akhir 2023, jumlah round IGR melesat menjadi 124.020 pegolf.

"Mayoritas yang datang dan bermain di lapangan golf kami adalah pegolf baru usia muda," ujarnya kepada media, Selasa(6/2/2024).

Momentum ini, lanjut dia, yang menjadi landasan IGR untuk melanjutkan ekspansi demi meningkatkan kinerja perusahaan ke depan.

“IGR menyiapkan dana investasi mencapai Rp 1,2 triliun hingga 2027,” ucap dia.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan menumbuhkan ekosistem lifestyle di olahraga golf ini agar bisnis IGR bisa sustain. Kami berani investasi dengan nilai yang besar demi meningkatkan kinerja di masa mendatang," ucap Darma.

IGR mencatat pengunjung lapangan mereka melesat dari 88.331 pegolf di 2020 ke 124.020 orang pada akhir 2023. Darma menyebut rata-rata pengunjung yang datang ke lapangan mereka adalah pegolf muda.

Darma mengungkapkan, lapangan golf baru itu menggantikan Palm Hills Golf Bogor yang sudah beroperasi sejak 1993 silam.

Sementara itu, IGR akan membangun total 13 kluster hunian di atas lahan golf lama tersebut hingga 2027 mendatang di atas lagan mencapai 94 Ha.

Selain di Sentul, perusahaan juga akan melakukan pengembangan untuk asetnya yang berada di Bali.

IGR akan mendirikan boutique luxury hotel baru dan melakukan revitalisasi hotel dan villa yang sudah ada di sekitar New Kuta Golf Bali.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan menumbuhkan ekosistem lifestyle di olahraga golf ini agar bisnis IGR bisa sustain. Kami berani investasi dengan nilai yang besar demi meningkatkan kinerja di masa mendatang," jelas Darma.

Pria berusia 25 tahun tersebut tengah berupaya mewujudkan visi Intra GolfLink Resorts, yakni menjadi pemain utama dalam industri pariwisata dan properti terpadu dan inovatif di Tanah Air.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun kawasan yang bisa menjadi destinasi wisata berkualitas dengan fasilitas hotel, arena olahraga dan pusat rekreasi yang beragam sehingga bisa mendatangkan turis, baik lokal maupun asing.

Perusahaan juga mengutip data Persatuan Golf Indonesia (PGI) yang menyebut pemain golf di Indonesia meningkat usai pandemi covid-19. PGI mencatat ada peningkatan rata-rata sekitar 40 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Oleh karena itu, Darma dan IGR berani mengucurkan dana besar untuk membangun lapangan golf baru di Sentul, Bogor. Lapangan golf anyar itu akan berdiri di atas lahan seluas 70 hektare dan menggantikan Palm Hills Golf Bogor yang sudah beroperasi sejak 1993.

Ia menyebut lokasinya sekitar 9 kilometer dari Palm Hills Golf. IGR mengusung konsep 'Golf and Active Lifestyle Ecosystem', di mana akan dibangun juga 13 cluster residensial di atas lahan golf tersebut hingga 2027 mendatang.

Selain di Sentul, IGR bakal mengembangkan aset perusahaan di Bali. Mereka akan mendirikan boutique luxury hotel baru dan merevitalisasi hotel serta villa di sekitar New Kuta Golf Bali.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #baru #berumur #tahun #anak #tommy #soeharto #kucurkan #rp12 #triliun #buat #lapangan #golf #sentul

KOMENTAR