Menteri Investasi Rosan Roeslani Resmikan Pabrik Kaca Terbesar se-Asean di KIT Batang
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Rosan Roeslani meresmikan PT KCC Glass Indonesia, di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, Kamis (3/10)/Foto: Dimas Choirul Jawapos.com
15:36
3 Oktober 2024

Menteri Investasi Rosan Roeslani Resmikan Pabrik Kaca Terbesar se-Asean di KIT Batang

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Rosan Roeslani meresmikan PT KCC Glass Indonesia, di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, Kamis (3/10). Pabrik kaca terbesar asal Korea Selatan itu diharapkan mampu menopang perekonomian Indonesia.

"Kita sangat senang karena tadi kita melakukan heating up sehingga sudah bisa dimulai komputer sum production-nya," kata Rosan.

Rosan mengakui, pabrik dengan nilai investasi Rp4 triliun yang dibangun dilahan seluas 49 hektare ini merupakan format investasi yang paling ideal bagi pemerintah Indonesia. Pabrik kaca terbesar se-Asean itu nantinya akan mengekspor 80 persen produk usahanya ke banyak negara.

"Dan yang paling penting dari KCC Glass ini, outputnya produknya 80% adalah untuk ekspor, 20% untuk lokal, jadi ini juga sangat-sangat baik, karena ini yang kita harapkan company yang berprestasi di Indonesia itu adalah yang mereksport orientated, jadi itu yang mereka sudah lakukan," ungkap Rosan.

Pada kesempatan yang sama, Deputy Head of Mission of the Republic of Korea, Park Soo-Deok berharap, kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan bisa terus berlangsung ke depannya dengan jumlah investasi yang lebih besar di masa mendatang.

"Kerja sama antara Korea dan Indonesia semakin hari semakin luas. Perdagangan negara meningkat 140 kali lipat selama 50 tahun. Hari ini pabrik KCC bagus untuk memasuki pasar asean dan global dan memperkuat Indonesia dalam bidang manufaktur," kata Park.

Oleh karena itu, Park pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pemerintah Indonesia, Kementerian Investasi, dan Pemerintah Daerah, sehingga pabrik KCC Glass Indonesia ini akhirnya bisa berdiri dan beroperasi.

"Pembangunan tidak mudah tapi kedutaan besar, Kementerian Investasi, Pemprov Jateng bersama-sama mengatasi tantangan tersebut. Terima kasih," pungkasnya.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #menteri #investasi #rosan #roeslani #resmikan #pabrik #kaca #terbesar #asean #batang

KOMENTAR