Dukung Pariwisata Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan, Klok Berkontribusi USD 7,2 Miliar terhadap Pariwisata Asia Pasifik
Ilustrasi tren wisata liburan. (Istimewa)
12:45
27 September 2024

Dukung Pariwisata Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan, Klok Berkontribusi USD 7,2 Miliar terhadap Pariwisata Asia Pasifik

–Sebuah studi independen Oxford Economics pada 2023 menyebut, layanan Klook berkontribusi sekitar USD 7,2 miliar terhadap PDB dan mendukung lebih dari 219.000 pekerjaan di Asia Pasifik. Itu menegaskan peran penting sebagai mesin ekonomi di sektor pariwisata.

CEO dan Co-Founder Klook Ethan Lin menyatakan, Klook menciptakan gelombang aktivitas ekonomi di berbagai sektor dalam industri pariwisata, mulai dari pengalaman, hiburan, hingga transportasi, dan lainnya. Pada tahun-tahun pertama, pihaknya fokus pada pembangunan platform global.

”Dengan lebih dari 80 persen mitra kami yang merupakan usaha kecil dan menengah yang merupakan tulang punggung pariwisata lokal, kami berkomitmen untuk menciptakan peluang ekonomi yang nyata bagi komunitas ini sehingga dapat memastikan masa depan pariwisata yang lebih kuat dan berkelanjutan di Asia,” ujar Ethan Lin.

Sebagai anggota baru dari Global Sustainable Tourism Council (GSTC), lanjut dia, pihaknya akan mempromosikan praktik berkelanjutan pada sektor pariwisata.

Presiden dan Co-Founder Klook Eric Gnock Fah berkomitmen untuk menjadikan pariwisata sebagai kekuatan untuk kebaikan. Memperkenalkan inisiatif baru yang dapat membentuk masa depan pariwisata yang lebih inklusif, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

”Kami memperdalam hubungan antara wisatawan dan komunitas lokal, melestarikan warisan budaya, serta memberdayakan banyak orang yang bergantung pada pariwisata untuk mata pencaharian mereka,” tutur Eric Gnock Fah.

Dia menjelaskan, inisiatif baru itu mencakup penerapan standar baru untuk pariwisata ramah lingkungan dengan bekerja sama dengan bisnis yang mengutamakan praktik berkelanjutan. Termasuk program untuk meningkatkan kesejahteraan hewan di tempat perlindungan gajah, serta memberikan ribuan tur lokal gratis yang dipimpin para ahli untuk menyoroti warisan budaya dan mendukung usaha kecil dalam ekosistem pariwisata.

”Untuk memperkuat komitmen terhadap pariwisata yang bertanggung jawab, kami mengambil sikap tegas mengenai kesejahteraan hewan. Salah satunya dengan memperkenalkan serangkaian penilaian untuk pariwisata yang melibatkan gajah,” ungkap Eric Gnock Fah.

Merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Klook menawarkan ribuan tur pariwisata lokal gratis kepada para wisatawan. Pengalaman tur itu akan dipimpin pemandu tur ahli lokal untuk memberikan para wisatawan pandangan otentik tentang warisan budaya yang kaya di setiap destinasi.

”Kami telah membantu mitra lokal memperluas jangkauan mereka dengan mendorong pertumbuhan bagi usaha kecil dalam ekosistem pariwisata,” papar Eric Gnock Fah.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #dukung #pariwisata #ramah #lingkungan #berkelanjutan #klok #berkontribusi #miliar #terhadap #pariwisata #asia #pasifik

KOMENTAR