Hendak Liburan Ke Bromo Lebaran Ini? Catat Tanggalnya agar Datang Tidak saat Tutup Total
Kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur. (ANTARA/Vicki Febrianto)
17:42
1 April 2024

Hendak Liburan Ke Bromo Lebaran Ini? Catat Tanggalnya agar Datang Tidak saat Tutup Total

Kawasan Gunung Bromo akan ditutup oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada bulan April ini. Penutupan dilakukan untuk melakukan pembersihan kawasan.

Mengutip Antara, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani, mengatakan, penutupan kawasan yang menyajikan pemandangan alam ini dilakukan dua kali pada Bulan April.

“Penutupan dalam rangka pembersihan kawasan Bromo,” tuturnya, Senin (1/4).

Penutupan wisata Kawasan Gunung Bromo tersebut dibuat sesuai kesepakatan dalam rapat koordinasi bersama pemangku kepentingan pada Kamis (28/3).

Penutupan pertama akan dilakukan pada Kamis (4/4) pukul 00.01 WIB hingga Jumat (5/4) pukul 23.59 WIB. Sementara penutupan kedua pada Kamis (25/4) pukul 00.01 WIB hingga Jumat (26/4) pukul 23.59 WIB.

Ia mengatakan penutupan wisata Gunung Bromo diberlakukan di pintu masuk Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo dan akses dari wilayah Dingklik, Kabupaten Pasuruan.

“Untuk pintu masuk dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang ditutup di wilayah Jemplang,” katanya.

Dalam upaya pembersihan kawasan Bromo kali ini selain dilakukan oleh personel Balai Besar TNBTS juga melibatkan masyarakat sekitar, paguyuban jip, pedagang kaki lima (PKL), dan lainnya.

“Kami, juga menggandeng mitra seperti masyarakat sekitar, paguyuban jip, PKL dan lain-lain," ujarnya.

Berdasarkan catatan Balai Besar TNBTS, kunjungan wisatawan selama 2023 mencapai 368.507 pengunjung yang menjadikannya destinasi wisata utama di Jawa Timur.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #hendak #liburan #bromo #lebaran #catat #tanggalnya #agar #datang #tidak #saat #tutup #total

KOMENTAR