Deswita Maharani Sudah 5 Tahun Tak Mudik Lebaran Sejak Ibunda Ferry Maryadi Alami Demensia
Ferry Maryadi, Deswita Maharani dan putra bungsunya Abay saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (11/3/2024). 
09:56
3 April 2024

Deswita Maharani Sudah 5 Tahun Tak Mudik Lebaran Sejak Ibunda Ferry Maryadi Alami Demensia

Bintang sinetron Deswita Maharani mengakui tidak menjalani tradisi mudik dalam perayaan lebaran tahun ini.

Biasanya, Deswita Maharani mudik ke kampung halaman suaminya, Ferry Maryadi ke Bandung. Akan tetapi, hal itu tidak bisa ia rasakan selama lima tahun belakangan ini.

"Biasanya mudik, cuma lima tahun ini engga bisa mudik. Orang tuanya akang (Ferry Maryadi) sudah di Jakarta. Mama idap demensia," kata Deswita Maharani.

Padahal, Deswita selalu menantikan tradisi mudik dalam perayaan lebaran setiap tahunnya, karena tak pernah dirasakan olehnya sejak kecil.

"Aku asli Jakarta kan. Baru bisa ngerasain mudik ya setelah nikah sama akang," ucap wanita berusia 43 tahun itu.

Akan tetapi, Deswita tidak mau emosi. Sebab, ia harus mengerti dengan kondisi kesehatan ibunda Ferry Maryadi, yang alami demensia sejak lima tahun lalu.

"Karena mama memang hanya bisa di atas kasur aja. Gabisa aktivitas kayak orang pada umumnya gitu. Jadi kami lebaran lima tahun belakangan ya di Jakarta aja," jelasnya.

Deswita menceritakan penyebab mertuanya alami demensia, berawal dari ibunda Ferry sempat terjatuh lima tahun lalu, diduga ada benturan di kepala sehingga menyebabkan demensia.

"Jadi ya mengakibatkan mama gak bisa normal lah kayak dulu. Udah suka lupa. Kayak kami udah ngobrol lama gitu, aku keluar sebentar pas masuk lagi, mama nanyain darimana aja baru keliatan gitu," terangnya.

"Saat ini mama dibantu suster lah buat aktivitasnya. Ada suster yang menjaga selama 24 jam," sambungnya.

Selama lima tahun ini, Deswita Maharani menyebut ibunda Ferry Maryadi masih rutin menjalani terapi di rumah sakit sebulan sekali, demi menjaga kondisi kesehatannya.

"Ya Cuma apapun kondisi mama kita bersyukur lah, insya Allah lebaran tahun ini bisa tetap sama mama," ujar Deswita Maharani. (Wartakota/ARI)

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #deswita #maharani #sudah #tahun #mudik #lebaran #sejak #ibunda #ferry #maryadi #alami #demensia

KOMENTAR