Ratusan Unit Omoda 5 di Indonesia Berpotensi Terdampak Masalah As Roda Belakang Patah, Chery Hubungi Konsumen Satu-per Satu
Chery Omoda 5 GT segera dikirim ke konsumen. (Istimewa)
20:28
13 Mei 2024

Ratusan Unit Omoda 5 di Indonesia Berpotensi Terdampak Masalah As Roda Belakang Patah, Chery Hubungi Konsumen Satu-per Satu

- Chery Omoda 5 yang mengalami patah pada sumbu roda belakang di negara Malaysia akhirnya juga terindikasi hal serupa di Indonesia. Namun sebelum hal yang sama terjadi di Malaysia, PT Chery Sales Indonesia (CSI) memberikan pernyataan resminya setelah melakukan investigasi bahwa sebanyak 420 unit Chery Omoda 5 terdampak.

Padahal sebelumnya sempat beredar dibeberapa media pernyataan Head of After Sales CSI Reza Deniar bahwa Omoda 5 yang mengalami patah sumbu roda pada bagian belakang di Malaysia itu tidak termasuk produksi yang ada di Indonesia.

Bahkan dengan percaya diri Reza mengklaim produk yang dipasarkan di Indonesia sudah melewati tahap pengecekan kualitas sebelum unit dikirim kepada para pelanggan.

Namun pada kenyataannya PT CSI akhirnya mengakui bahwa ratusan mobil terindikasi akan mengalami hal yang sama seperti di Malaysia setelah melakukan investigasi.

Langkah PT CSI tersebut merupakan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan keamanan berkendara pemilik produk Chery di Indonesia.

"Chery Sales Indonesia telah menerima hasil investigasi dari Chery Internasional yang dilakukan secara mendalam terhadap vendor komponen selongsong sumbu roda belakang (rear axle) yang terdampak dari pembaharuan fasilitas manufaktur di waktu tertentu," dalam pernyataan resmi CSI, Senin [13/5].

As roda yang patah terjadi pada Omoda 5 di Malaysia. (Istimewa)

Dalam pernyataan resmi CSI juga disebutkan, bahwa berdasarkan hasil investigasi tersebut, kejadian ini sangat jarang terjadi. Namun, demi alasan keselamatan kami berhasil mengidentifikasi 420 unit Omoda 5 1.5T (Z dan RZ) yang berpotensi terdampak di Indonesia.

Sebagai langkah antisipasi, Chery Sales Indonesia memutuskan untuk menghubungi konsumen yang berpotensi terdampak untuk melakukan pemeriksaan di diler Chery terdekat.

420 unit terdampak tersebut diidentifikasi berdasarkan nomor rangka kendaraan. Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya potensi dari permasalahan yang dimaksud, maka akan dilakukan pergantian suku cadang tanpa dikenakan biaya.

"Chery Sales Indonesia selaku APM Chery di Indonesia selalu menempatkan keselamatan sebagai hal yang paling utama, dan kami juga berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik yang transparan dan akuntabel. Kami pastikan ini hanya berlaku untuk 420 unit Omoda 5 1.5 T (Z dan RZ) dan masalah ini tidak berdampak pada produk Chery yang lain," tulis dalam pernyataan tersebut.

Walaupun langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab untuk memastikan keamanan dan keselamatan konsumen, serta kepuasan dan kepercayaan konsumen, PT CSI tidak menyebutkan secara rinci faktor yang menyebabkan adanya indikasi terdampak seperti di Malaysia.

Sementara di Malaysia disebutkan bahwa penyebah patahnya sumbu roda belakang setelah penyelidikan komprehensif, vendor melaporkan bahwa masalah ini disebabkan oleh peningkatan fasilitas di mana ujung mesin las otomatis yang usang diganti dengan ujung las baru.

Menurut Wakil Presiden Chery Auto Malaysia, Lee Wen Hsiang, penggantian ujung las baru mengakibatkan kesalahan kalibrasi peralatannya.

Hasilnyanya perusahaan menyebut pihaknya melakukan recall 600 Omoda 5 dan bekerja sama dengan Kementerian Transportasi Malaysia guna memastikan perbaikan semua kendaraan yang terkena dampak ke standar keselamatan tertinggi.

Seperti diketahui Omoda 5 yang dijual di Indonesia dirakit PT Handal Indonesia yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #ratusan #unit #omoda #indonesia #berpotensi #terdampak #masalah #roda #belakang #patah #chery #hubungi #konsumen #satu #satu

KOMENTAR