Ford Menunda Rencana Kendaraan Listrik Generasi Berikutnya Truk Pickup dan SUV, Fokus pada Kemajuan Teknologi
Ford menunda peluncuran kendaraan listrik generasi berikutnya hingga 2027. (Sumber foto: Situs Baha)
17:40
6 April 2024

Ford Menunda Rencana Kendaraan Listrik Generasi Berikutnya Truk Pickup dan SUV, Fokus pada Kemajuan Teknologi

 - Ford telah menunda rencana untuk membangun kendaraan listrik generasi berikutnya. Produksi truk pick-up listrik yang diberi kode "Project T3" telah ditunda dari 2025 menjadi 2027.    SUV listrik tiga baris, yang pernah digambarkan oleh CEO Ford Jim Farley sebagai 'Personal Bullet Train', sekarang dijadwalkan tiba pada tahun 2027, bukan 2025.   Pabrikan asal Dearborn ini mengatakan bahwa masih dibutuhkan lebih banyak waktu agar pasar kendaraan listrik semakin matang. Sementara itu, Ford mengatakan bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan dari kemajuan teknologi baterai yang terus berlanjut.   

  Doug Field, direktur EV dan sistem digital Ford, mengindikasikan tahun lalu bahwa SUV keluarga akan hadir pada tahun 2025 dengan jarak tempuh 563 kilometer.   Ini akan menjadi mobil listrik seukuran Explorer yang diproduksi di Oakville, Ontario, Kanada. Sementara itu, truk pick-up listrik akan diproduksi di pabrik BlueOval City di Tennessee.   SUV keluarga ini tidak bisa disamakan dengan Ford Explorer yang saat ini dijual di Eropa, ini didasarkan pada platform listrik modular Volkswagen, yang dikenal sebagai MEB.   

  Produksi Ford Edge akan berhenti bulan depan di pabrik Ontario (Kanada), yang akan mengalami peningkatan untuk memproduksi SUV listrik yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, penundaan ini akan memperpanjang pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 2.700 pekerja.   "Kami menghargai tenaga kerja kami di Kanada dan memahami bahwa penundaan ini akan berdampak pada tim. Perusahaan akan bekerja sama dengan Unifor [serikat pekerja] untuk mengurangi dampak penundaan peluncuran terhadap tenaga kerja di Oakville," kata Ford dalam pengumumannya.    Ford mengatakan akan terus fokus pada jajaran kendaraan bensin, hibrida, PHEV, dan listrik yang sudah ada untuk sementara waktu, tergantung pada permintaan.  

  Ada juga berbagai kendaraan listrik yang terjangkau yang sedang dalam proses pengembangan, di bawah apa yang disebut Ford sebagai proyek "Skunk Works".    "Kami berkomitmen untuk mengembangkan bisnis kendaraan listrik yang menguntungkan, menggunakan modal dengan bijak dan membawa kendaraan bensin, hibrida, dan semua-listrik yang tepat ke pasar pada waktu yang tepat," kata Farley.    "Kendaraan listrik generasi berikutnya yang inovatif akan menjadi kendaraan baru dari awal dan sepenuhnya menggunakan perangkat lunak, dengan pengalaman digital yang terus meningkat dan sejumlah layanan potensial," pungkasnya menambahkan melalui Unifor. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ford #menunda #rencana #kendaraan #listrik #generasi #berikutnya #truk #pickup #fokus #pada #kemajuan #teknologi

KOMENTAR