Nggak Perlu ke Salon Mobil, Pakai Cara Ini Bisa Bikin Efek Daun Talas Sendiri di Kaca Mobil, Pas buat Musim Hujan
Ilustrasi: Efek daun talas pada kaca mobil. (Wuling).
06:56
4 Oktober 2024

Nggak Perlu ke Salon Mobil, Pakai Cara Ini Bisa Bikin Efek Daun Talas Sendiri di Kaca Mobil, Pas buat Musim Hujan

- Kaca mobil yang bersih tidak hanya enak dilihat dari luar, tapi juga dari dalam. Termasuk saat hujan, kaca mobil yang terawat baik akan memiliki efek daun talas. Selain membuat tampilan mobil oke, efek daun talas juga bisa membantu meningkatkan visibilitas pengemudi, terutama saat hujan datang.   Efek daun talas kaca mobil mampu membuat air seolah tidak menempel pada permukaan kaca mobil, mirip saat air dipercikkan di atas daun talas. Jadi, air akan langsung meluncur jatuh tanpa bekas.    Pada musim penghujan, efek ini sangat bermanfaat karena visibilitas pengemudi tidak akan terganggu dan bodi mobil pun bebas dari bekas jejak air yang mengering. Namun untuk membuat efek daun talas pada kaca mobil ini biasanya butuh treatment khusus yang hanya bisa dilakukan di salon mobil.  

  Namun ternyata, dengan sedikit trik, ternyata bisa juga kok kita membuat efek daun talas pada kaca mobil. Caranya gampang, pertama, kita harus rajin membersihkan mobil terlebih dahulu.   Jangan biarkan air hujan didiamkan dalam waktu lama karena bisa memunculkan jamur pada kaca atau bodi mobil. Jamur yang muncul akan memengaruhi kejernihan dari kaca mobil dan mengganggu kenyamanan pengemudi saat berkendara.   Lakukan pembersihan pada mobil sesegera mungkin terutama pada permukaan kaca. Meskipun bagian body juga perlu dibersihkan tetapi sangat disarankan terlebih dahulu untuk membersihkan kaca mobil. Salah satu cara menghilangkan jamur kaca mobil bisa dengan menggunakan lap kanebo atau microfiber yang dimiliki di rumah.   Pada dasarnya efek daun talas pada kaca mobil tidak lain untuk memudahkan air mengalir jatuh dan tidak menyerap di permukaan kaca. Hal ini seperti kondisi air saat berada di daun talas yang akan membentuk butiran-butiran air.    Butiran-butiran air pada kaca mobil akan membuat pandangan dari pengemudi lebih jelas meskipun kondisi hujan sekalipun.  Kerja dari wiper juga akan lebih optimal dalam menyapu air yang menutupi kaca sehingga nantinya akan lebih jernih dipandang.   

  Cara kedua membuat efek daun talas mobil sangat mudah, Anda bisa melakukannya di rumah. Alat-alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah rain repellent dan kain microfiber.   Rain repellent bisa dibilang seperti cairan efek daun talas untuk kaca mobil. Penggunaan produk ini akan membuat air hujan tidak menempel di permukaan kaca mobil.    Saat telah banyak jenis rain repellent di pasaran otomotif baik offline maupun online. Produk ini bisa menjadi salah satu cara menjawab permasalahan saat berkendara dalam kondisi hujan.   Jenis dari rain repellent sendiri sangat beragam saat ini seperti krim, spray, dan cair. Untuk cara aplikasinya sendiri tergantung dari jenis rain repellent kamu gunakan.   

  Saat jenis krim dan cair kamu perlu mengoleskan pada kain microfiber terlebih dahulu kemudian langsung diratakan pada bagian seperti kaca atau body mobil. Sedangkan pada jenis spray kamu bisa langsung menyemprotkan pada bagian yang dinginkan lalu usap secara menyeluruh menggunakan kain microfiber.   Terakhir, jika Anda tidak berkenan untuk memberikan bahan kimia pada mobil. Anda bisa menggunakan bahan alami untuk membuat efek daun talas pada bodi mobil. Salah satu hasil alam yang bisa kamu pakai adalah daun pisang.    Cara penggunaannya, pertama Anda perlu meremas-remas daun pisang di dalam air bersih. Lalu setelah semua daun pisang diremas Anda bisa menggunakan air tersebut untuk menyeka permukaan kaca utama mobil.   Daun pisang dipercaya memiliki kandungan seperti daun talas yaitu membuat butiran-butiran air. Selamat mencoba.      

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #nggak #perlu #salon #mobil #pakai #cara #bisa #bikin #efek #daun #talas #sendiri #kaca #mobil #buat #musim #hujan

KOMENTAR