Pria di Balik Foto Instagram dengan Like Terbanyak Sepanjang Masa, Klaim Itu hanya 'Kebetulan'
Ilustrasi Instagram (Unsplash)
09:24
21 September 2024

Pria di Balik Foto Instagram dengan Like Terbanyak Sepanjang Masa, Klaim Itu hanya 'Kebetulan'

Banyak orang bermimpi memiliki unggahan Instagram yang paling banyak disukai sepanjang masa. Namun, seorang pria yang berhasil mencapai rekor tersebut, Chris Godfrey, mengaku bahwa prestasinya hanyalah sebuah 'kebetulan'.

Pada tahun 2019, selebriti besar seperti Kylie Jenner, Selena Gomez, dan Cristiano Ronaldo mendominasi Instagram dengan jumlah like yang luar biasa. Namun, di awal tahun tersebut, wajah-wajah terkenal ini dikalahkan oleh sesuatu yang tidak terduga yaitu sebuah unggahan telur.

Manyadur dari Unilad, semua itu bermula pada Januari 2019, ketika Godfrey, seorang pekerja di bidang periklanan, mengetahui bahwa Kylie Jenner memegang rekor untuk unggahan dengan jumlah like terbanyak di Instagram.

Berkat bantuan dua temannya, Godfrey memutuskan untuk mencoba memecahkan rekor tersebut dengan unggahan yang tak biasa—sebuah foto telur sederhana.

Baca Juga: Meta Rilis Instagram Teen Accounts, Tawarkan Fitur Khusus untuk Remaja

Bagi banyak orang, Godfrey adalah sosok yang tidak dikenal, bukan influencer, bintang film, atau atlet terkenal. Namun, dengan ide uniknya, ia menetapkan tujuan besar.

Menurut The New York Times, Godfrey bertanya-tanya, “Apakah mungkin sesuatu yang sederhana dan universal seperti telur dapat mengalahkan rekor Instagram?”

Dengan keyakinan bahwa telur tidak mewakili jenis kelamin, ras, atau agama, Godfrey memposting gambar telur tersebut dengan keterangan, “Mari kita buat rekor dunia bersama dan dapatkan unggahan yang paling disukai di Instagram. Mengalahkan rekor dunia saat ini yang dipegang oleh Kylie Jenner (18 juta)! Kita bisa melakukannya."

Hasilnya? Dalam sembilan hari, unggahan telur itu melampaui rekaman Jenner, mengumpulkan lebih dari 50 juta like, jauh mengalahkan 19 juta like milik Jenner.

Unggahan sebuah telur dari akun @chris.godfrey.eggUnggahan sebuah telur dari akun @chris.godfrey.egg

Andrew Essex, CEO dan pendiri perusahaan kreatif Plan A, berbicara kepada The New York Times tentang kesuksesan ini. Dia menjelaskan bahwa keberhasilan unggahan itu adalah fenomena yang tidak terduga.

Baca Juga: Berapa Tarif Konten Eksklusif Instagram Fuji? Penghasilannya Diam-Diam Tembus Ratusan Juta

“Fakta bahwa mereka mampu membuat begitu banyak orang melihat gambar telur itu—itu adalah anomali yang luar biasa,” katanya.

Godfrey pun mengakui bahwa pencapaian ini memang murni kebetulan, tetapi ia menekankan pentingnya bagaimana perhatian tersebut dimanfaatkan.

“Kebetulan itu menarik perhatian dunia. Apa yang Anda lakukan dengan perhatian itu yang penting,” ujarnya.

Setelah unggahan telur viral, akun yang sama kemudian memposting gambar-gambar tambahan yang memperlihatkan telur tersebut mulai retak.

Banyak pengikut yang penasaran dengan maksud dari unggahan itu. Ternyata, retakan pada telur tersebut merupakan bagian dari kampanye publik untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental, bekerja sama dengan organisasi Mental Health America.

Sementara itu, pada tahun 2022, rekor tersebut akhirnya dikalahkan oleh Lionel Messi. Messi membagikan foto dirinya merayakan kemenangan Argentina di Piala Dunia, yang kemudian menjadi salah satu unggahan dengan like terbanyak di Instagram.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #pria #balik #foto #instagram #dengan #like #terbanyak #sepanjang #masa #klaim #hanya #kebetulan

KOMENTAR