Klarifikasi ke KPK Cuma Sekali, Kaesang 4 Kali Terbang Pakai Jet Pribadi Sejak 2023: Nebeng Terus?
Skandal jet pribadi - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (X/Instagram)
15:48
18 September 2024

Klarifikasi ke KPK Cuma Sekali, Kaesang 4 Kali Terbang Pakai Jet Pribadi Sejak 2023: Nebeng Terus?

Setelah membuat geger publik dengan isu gratifikasi, Kaesang Pangarep akhirnya muncul ke publik usai mendatangi gedung Dewas KPK, Selasa (17/9/2024). Pada momen ini, Kaesang memberikan klarifikasi mengenai perjalanannya ke Amerika menggunakan jet pribadi beberapa waktu lalu.

Kaesang Pangarep mengaku jika kedatangannya ke gedung KPK adalah inisiatif pribadi. Dirinya pun menegaskan jika dirinya dan Erina Gudono hanya menumpang ke temannya ketika naik jet pribadi ke Amerika.

"Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng teman saya" ujar Kaesang Pangarep.

Klarifikasi dari Kaesang Pangarep ini justru dibantah tegas oleh netizen. Akun X @JhonSitorus_18 menyebut jika putra bungsu Jokowi ini sudah 4 kali naik jet pribadi sejak tahun 2023 lalu. Hal ini berdasarkan data rute jet pribadi yang diungkap Roy Suryo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Beda Cara KPK Perlakukan Rafael Alun dan Kaesang Dibandingkan: Dipidana vs Cuma Klarifikasi

"Kaesang sudah 4 kali NEBENG jet pribadi sejak 2023, tapi baru diklarifikasi sekarang. Jika benar dia warga negera yang baik, harusnya dia melaporkan sejak 2023 karena biar bagaimanapun faktor Trading in Influence itu berpengaruh" tulis akun ini.

Roy Suryo beberapa waktu lalu membeberkan data rute penerbangan jet pribadi Kaesang Pangarep dari 2023 hingga 2024. Menurut pakar telematika ini, pesawat Gulfstream yang dipakai Kaesang ini sudah digunakan sejak 17 September 2023 lalu.

Pemakaian kedua jet pribadi ini terlihat pada 25 Agustus 2024. Selanjutnya, pemakaian ketiga terlihat pada tanggal 7 Juli 2024. Penggunaan keempat jet pribadi ini lalu terungkap berdasarkan unggahan Insta Story Erina Gudono di Instagram.

"Berarti 4 kali nebeng karena ketepatan satu arah" balas netizen.

"Nebeng kok terusan?" komentar akun lainnya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Nadya Gudono yang Ikut Naik Private Jet sama Kaesang

"Nebeng kok ketagihan?" ungkap netizen.

"Kalau numpang jet pribadi sampai 4 kali, gratis lagi, itu temen apa malaikat?" tulis akun lainnya membalas.

Menimbulkan kecurigaan mengenai rute jet pribadi Kaesang Pangarep, hingga kini masih belum ada konfirmasi apapun terkait isu gratifikasi yang menyeret keluarga Jokowi ini.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #klarifikasi #cuma #sekali #kaesang #kali #terbang #pakai #pribadi #sejak #2023 #nebeng #terus

KOMENTAR