Indra Sjafri Sentil Klub BRI Liga 1 Jelang TC Timnas Indonesia di Korea, Kenapa?
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri beraksi pada laga melawan Malaysia U-19 yang dimenangkan dengan skor 1-0 pada laga semifinal Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024). (ANTARA FOTO/Rizal Hanafi)
10:00
16 Agustus 2024

Indra Sjafri Sentil Klub BRI Liga 1 Jelang TC Timnas Indonesia di Korea, Kenapa?

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri tiba-tiba menyentil klub-klub BRI Liga 1 dan Liga 2 jelang memimpin timnya training camp (TC) di Korea Selatan.

Indra Sjafri menyebut klub-klub Indonesia harus mulai menganggap keberadaan pencari bakat sebagai hal penting dan krusial bagi tim.

Para pencari bakat disebut begitu penting untuk mengidentifikasi pemain-pemain muda potensial yang dapat diandalkan di masa depan. Tak hanya untuk klub, para pemain ini juga bakal jadi tulang punggung timnas Indonesia.

"Jadi pencari bakat itu sangat perlu. Sekarang ada nggak klub-klub Liga 1 dan Liga 2 yang mengidentifikasi?" kata Indra Sjafri dikutip dari Antara, Jumat (16/8/2024).

Baca Juga: Jangan Meremehkan, Ini 3 Keuntungan Timnas Indonesia Diperkuat Jordi Amat

"Kemarin saya ke Toulon dan ramai orang di tribun. Saya pikir itu penonton tapi ternyata itu pencari bakat dari seluruh klub di dunia. Nah di Indonesia itu kita perlu seperti itu."

Pelatih yang berhasil membawa tim Merah Putih meraih medali emas di SEA Games 2023 dan Piala AFF U-19 2024 itu menekankan bahwa pencari bakat di klub-klub Indonesia harus aktif mengidentifikasi talenta-talenta muda di berbagai turnamen kelompok umur.

Dengan begitu, proses regenerasi pemain bisa berjalan lebih efektif, dan klub bisa berfungsi sebagai "pabrik" yang menghasilkan pemain-pemain berkualitas.

Skuad Timnas Indonesia U-19 bakal ikuti turnamen Seoul Earth On Us, media Korea Selatan waspadai skuad asuhan Indra Sjafri.Skuad Timnas Indonesia U-19 bakal ikuti turnamen Seoul Earth On Us, media Korea Selatan waspadai skuad asuhan Indra Sjafri.

"Saya beberapa kali bertemu bersama dengan pemilik klub mengatakan bahwa jangan PSSI yang disuruh untuk mencari bakat. Mau diapakan pemain itu nanti (tidak dalam kurun waktu jangka panjang). Pabrik pemain itu kan di klub," jelas Indra Sjafri.

"Di kompetisi sekarang bersyukur kita pihak-pihak swasta, yang disponsori oleh swasta kan semakin banyak. Kalau dulu kan, kalau tidak salah hanya dua dulu," kata Indra yang kini juga menjabat sebagai Direktur Teknik timnas Indonesia.

Baca Juga: AFC Izinkan Jordi Amat Bermain saat Timnas Indonesia Hadapi Arab Saudi, Netizen Malah Was-was

Indra Sjafri saat ini tengah disibukan bersama Timnas Indonesia U-20. Arkhan Kaka dan kawan-kawan telah menjalani TC di Jakarta sejak 11 Agustus dan bakal berakhir pada 18 Agustus.

Setelahnya, Timnas Indonesia direncanakan akan berlatih di Korea Selatan mulai 19 Agustus hingga 2 September 2024.

TC kali ini digunakan untuk persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang akan berlangsung pada 21 hingga 29 September 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #indra #sjafri #sentil #klub #liga #jelang #timnas #indonesia #korea #kenapa

KOMENTAR