Calvin Verdonk Jatuh Cinta dengan Atmosfer Sepak Bola Indonesia: Saya Berasa di Rumah
Bek kiri Timnas Indonesia, Calvin Verdonk saat mengikuti pemusatan latihan. (pssi.org)
10:06
16 Juli 2024

Calvin Verdonk Jatuh Cinta dengan Atmosfer Sepak Bola Indonesia: Saya Berasa di Rumah

Calvin Verdonk mengungkap kesan-kesannya bisa membela Timnas Indonesia. Verdonk jalani debut bersama tim Merah Putih saat melawan Filipina di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 11 Juni lalu.

Verdonk membantu Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-0 atas Filipina. Usai tugas negara, Verdonk pun kembali ke Belanda dan bersiap untuk bermain bersama NEC Nijmegen.

Kepada salah satu media Belanda, Verdonk mengatakan bahwa ia banyak mendapat kesan positif selama membela Timnas Indonesia.

Calvin Verdonk Saat Menjalani Proses Sumpah WNI (pssi.org)Calvin Verdonk Saat Menjalani Proses Sumpah WNI (pssi.org)

"Saya mengikuti semua sesi latihan di sana dan melakoni satu pertandingan," ucapnya.

Baca Juga: Siapa Mitchell Baker? Pemain Keturunan yang Talentanya Dilewatkan Indra Sjafri untuk Timnas Indonesia U-19

"Jika Anda datang dari Eropa, mereka akan membuat Anda merasa seperti di rumah dengan cepat," ungkap Calvin Verdonk seperti dilansir dari Forzanec.nl, Selasa (16/7/2024).

Verdonk mengaku sangat senang dengan atmosfer sepak bola Indonesia dan para suporter. Ia merasakan energi positif selama berada di Indonesia.

"Anda merasakan dukungannya dan mereka senang saya berada di sana. Saya pikir itu karena saya bermain di NEC musim lalu,"

Verdonk juga mengungkapkan tidak banyak menemukan kendala selama membela Timnas Indonesia. Soal kendala bahasa, Verdonk mengaku tak menemukannya.

"Anda dapat berbicara dengan semua orang dan mereka semua berbicara dengan bahasa Inggris. Saya menghabiskan banyak waktu dengan Ragnar Oratmangoen, yang sudah saya kenal cukup lama. Itu membantu Anda berasa seperti di rumah sendiri," jelas pemain 27 tahun itu.

Baca Juga: 3 Pesaing Thom Haye di Lini Tengah jika Gabung AZ Alkmaar, Bisa Jadi Pemain Inti?

Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk saat menjalani debut ketika melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, selasa (11/6/2024). (Suara.com/Alfian Winanto)Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk saat menjalani debut ketika melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, selasa (11/6/2024). (Suara.com/Alfian Winanto)

Saat ditanya soal level sepak bola Indonesia, Verdonk hanya mengatakan bahwa sulit untuk menjelaskannya.

"Sulit untuk mengatakannya, karena ini sepak bola yang berbeda," ungkapnya.

Verdonk menjelaskan bahwa momen libur musim panasnya tidak seperti pemain lain, karena ia harus menjalankan tugas negara membela Timnas Indonesia.

Namun menurutnya, meski waktu liburan tak terlalu panjang, ia sudah sangat siap untuk bermain bersama NEC Nijmegen.

"Saya sudah mendapat cukup banyak waktu liburan, jadi menyenangkan bisa bermain lagi. Senang juga bertemu dengan pemain baru," ungkapnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #calvin #verdonk #jatuh #cinta #dengan #atmosfer #sepak #bola #indonesia #saya #berasa #rumah

KOMENTAR