3 Negara yang Cocok Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Malaysia dengan pemain naturalisasi saat berlaga di Piala Asia U-23 2024 (the-afc.com)
17:30
15 Mei 2024

3 Negara yang Cocok Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia dijadwalkan menggelar pertandingan uji coba terlebih dahulu sebelum menghadapi lanjutan Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Irak dan Filipina.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menyebut bahwa pihaknya tengah menyiapkan agenda pertandingan uji coba sebelum Timnas Indonesia menghadapi Timnas Irak pada 6 Juni 2024.

“Pertandingan pertama itu (melawan Irak) pada tanggal 6 Juni. Tapi, sebelum tanggal 6 itu sempat ada diskusi PSSI juga akan menyiapkan uji coba kalau jadi,” kata Sumardji, Minggu (12/5/2024).

“Karena kan juga waktunya cukup mepet. Kalau jadi, uji coba itu akan dilakukan tanggal 2 (Juni),” lanjut pria yang juga menjabat sebagai COO Bhayangkara FC.

Berikut Suara.com menyajikan tiga negara yang bisa menjadi calon lawan uji coba Timnas Indonesia sebelum menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

1. Malaysia

Timnas Malaysia menjadi salah satu calon lawan yang menarik untuk dihadapi Timnas Indonesia sebelum menjajal kekuatan Irak dan Filipina. Sebab, Malaysia merupakan tim yang sesama dari Asia Tenggara.

Karakter tim skuad Harimau Malaya ini tak jauh berbeda dengan Filipina yang banyak diperkuat pemain-pemain keturunan. Oleh karena itu, Malaysia jadi ajang pemanasan yang cocok untuk Merah Putih.

Timnas Malaysia juga tak begitu berat untuk dihadapi. Sebab, mereka level skuad asuhan Kim Pan-gon itu masih jauh di bawah Irak.

2. Thailand

Negara lain yang bisa dijajaki untuk menjadi lawan uji coba Timnas Indonesia ialah Thailand. Skuad Gajah Perang bakal jadi lawan pemanasan yang menantang bagi skuad asuhan Shin Tae-yong.

Pasalnya, Thailand berstatus sebagai salah satu negara terkuat di Asia Tenggara. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini, mereka juga akan menghadapi China dan Singapura pada laga terakhir.

Indonesia tentu bisa menjadi lawan yang menarik untuk The War Elephants sebagai momen memanaskan mesin jelang hadapi dua partai krusial ini.

3. Uni Emirat Arab

Apabila Timnas Indonesia ingin mempersiapkan diri melawan negara-negara Arab seperti Irak, maka lawan yang bisa jadi alternatif untuk uji coba ialah Uni Emirat Arab.

Dari segi karakter permainan, kedua negara ini tak jauh berbeda. Selain itu, dari segi kekuatan di ranking FIFA, mereka juga berbeda tipis. Oleh karena itu, ini bisa menjadi pertimbangan bagi PSSI.

Indonesia akan punya kesiapan yang lebih matang apabila bisa mendapatkan lawan tanding yang karakternya seperti Irak sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #negara #yang #cocok #jadi #lawan #coba #timnas #indonesia #sebelum #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR