Belum Juga Main, Timnas Indonesia Cetak Rekor Mengejutkan di Piala Asia U-23
Alfeandra Dewangga saat membela Timnas Indonesia (pssi.org)
14:06
12 April 2024

Belum Juga Main, Timnas Indonesia Cetak Rekor Mengejutkan di Piala Asia U-23

Prestasi gemilang kembali diraih oleh Timnas Indonesia U-23, yang berhasil menonjol sebagai tim termuda dalam gelaran bergengsi Piala Asia U-23.

Menjadi sorotan utama, Timnas Indonesia tampil sebagai skuad dengan rata-rata usia pemain paling muda di antara seluruh peserta Piala Asia U-23.

Terhitung dari persyaratan maksimal usia pemain dalam Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 mencatat rata-rata usia sebesar 20,7 tahun.

Sebelumnya, pada edisi Piala Asia U-23 sebelumnya, Timnas Indonesia juga berhasil mencatat prestasi serupa dengan rata-rata usia pemain sebesar 22,4 tahun.

Justin Hubner saat berseragam Timnas Indonesia (instagram @justinhubner5)Justin Hubner saat berseragam Timnas Indonesia (instagram @justinhubner5)

Jordi Amat menjadi pemain tertua di Timnas Indonesia U-23 dengan usia 31 tahun, sementara Marselino Ferdinan menjadi yang termuda dengan usia 19 tahun.

Menariknya, dalam Skuad Garuda, Adi Setyo merupakan pemain tertua yang lahir pada tanggal 7 Juli 2001, sedangkan Dony Tri Pamungkas menjadi yang termuda dengan kelahiran pada tanggal 11 Januari 2005.

Sementara itu, Arab Saudi dan Kuwait sebagai tim dengan rata-rata usia pemain tertua di Piala Asia U-23, yakni sebesar 21,7 tahun.

Menyimak dari sisi usia pemain, pemain termuda yang mencuri perhatian dalam gelaran Piala Asia U-23 adalah Wang Yudong dari China, yang lahir pada tanggal 23 November 2006.

Tak hanya itu, nama lain yang mencuat adalah Erawan Garnier dari Thailand, yang lahir pada tanggal 5 Januari 2006.

Dalam hal pemain tertua, China kembali menonjol dengan Ruan Qilong yang lahir pada tanggal 2 Januari 2001, berdasarkan regulasi AFC yang membatasi pemain yang lahir setelah tanggal 1 Januari 2001.

Tak hanya itu, dalam kisah menarik lainnya, terdapat dua pemain yang lahir pada tanggal yang sama, yakni 3 Januari 2001, yaitu Yu Hirikawa (Jepang) dan Ulugubek Khosimov (Uzbekistan).

China bahkan mencatatkan empat pemain yang lahir pada bulan Januari 2001, menambahkan kehebohan dalam dinamika usia pemain dalam turnamen bergengsi tersebut.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #belum #juga #main #timnas #indonesia #cetak #rekor #mengejutkan #piala #asia

KOMENTAR