Sebut Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Tak Berkualitas, Doan Van Hau Kena Sentil Pundit Vietnam
Jelang hadapi timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Doan van Hau benyak memberikan nasihat pada para pemain muda Vietnam (Vnexpress.net)
18:00
21 Maret 2024

Sebut Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Tak Berkualitas, Doan Van Hau Kena Sentil Pundit Vietnam

Bek timnas Vietnam, Doan Van Hau sempat menyebut bahwa pemain keturunan dan naturalisasi Timnas Indonesia tidak berkualitas. Terkini, dia pun disentil oleh pundit atau pengamat sepak bola negaranya sendiri.

Van Hau, yang tidak akan bermain saat Vietnam bertandang ke markas Timnas Indonesia malam ini, Kamis (21/3/2024), sempat merendahkan kualitas Sandy Walsh dan kawan-kawan.

Pemain yang terkenal dengan gaya main kasarnya itu menyebut para pemain keturunan Timnas Indonesia tidak sebagus seperti yang digembar-gemborkan.

"Pemain naturalisasi [Timnas Indonesia] itu hanya di level Asia Tenggara," kata Doan Van Hau dikutip dari Media Vietnam, VnExpress dikutip pada Rabu (20/3/2024).

"Jika para pemain itu bagus, mereka akan coba gabung dengan tim Belanda atau negara lain yang latar belakangnya maju di Eropa dibanding [membela] Timnas Indonesia," tambahnya.

Pernyataan Van Hau nyatanya berbanding terbalik dengan pundit Vietnam, Ha Quang Minh yang menegaskan The Golden Star Warriors harus ekstra waspada terhadap Timnas Indonesia.

Sandy Walsh (pssi.org)Sandy Walsh (pssi.org)

Alasannya sederhana, Ha Quang Minh menilai keberadaan pemain naturalisasi membuat kualitas Timnas Indonesia bertambah pesat. Apalagi mayoritas dari pemain tersebut berkarier di Eropa.

"Tim Indonesia lebih kuat dari tim Vietnam dari segi personel saat ini," kata Ha Quang Minh.

"Sebagian besar pemain naturalisasi mereka bermain di platform sepak bola utama Eropa."

"Dan jika kita melihat kegagalan para bintang top Vietnam saat pindah ke Eropa, semua orang pasti paham perbedaan kelasnya."

"Tidak boleh dianggap enteng," tandasnya.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Skuad Garuda bertekad untuk meraih kemenangan dalam laga ini demi menjaga peluang lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan saat ini masih menduduki peringkat terakhir atau keempat dalam klasemen Grup F dengan koleksi satu poin, terpaut dua poin dari Vietnam di urutan kedua.

Timnas Indonesia terpuruk setelah dibungkam tuan rumah Irak 1-5 sebelum secara mengejutkan gagal mengalahkan Filipina dan cuma bermain imbang 1-1 di Stadion Rizal Memorial pada November lalu.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #sebut #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #berkualitas #doan #kena #sentil #pundit #vietnam

KOMENTAR